Polda Metro Gelar Rapid Test Walk Thru di CFD Jakarta

CNN Indonesia
Minggu, 21 Jun 2020 04:10 WIB
Health workers collect blood samples as they conduct mass testing for the new coronavirus at a market in Makassar, South Sulawesi, Indonesia, Tuesday, May 12, 2020. (AP Photo/Masyudi S. Firmansyah) Ilustrasi rapid test virus corona. (AP/Masyudi S. Firmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya bakal menggelar tes cepat atau rapid test virus corona di lokasi car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta pada Minggu (21/6) pagi. Rapid test digelar secara walk thru dalam rangka menyambut HUT Polri ke-74.

"Dalam rangka HUT Polri ke-74, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Metro mengadakan giat rapid test walk thru," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Sabtu (20/6).

Yusri menjelaskan, titik lokasi rapid test walk thru ini di area Gelora Bung Karno. "Digelar mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan selesai," ujar Yusri.

Namun begitu, Yusri tak menjelaskan rinci mekanisme tes cepat secara walk thru ini.

Diketahui Pemprov DKI mengizinkan kembali CFD pada Minggu (21/6). Pembukaan kembali CFD ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan selain pengaturan waktu dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pada pelaksanaan CFD besok akan dilakukan pemisahan lajur jalan untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki.

"Kami membuat lajur terpisah agar tidak terjadi kerumunan yang berisiko terjadi penularan Covid-19," ujar Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/6).

Adapun pemisahan lajur tersebut yakni bagi pesepeda disiapkan tiga lajur paling kanan, olahraga lari disiapkan satu lajur paling kiri, dan trotoar bagi pejalan kaki.

Syafrin menuturkan sejumlah personel Kepolisian, TNI, Dishub Provinsi DKI Jakarta, dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan dikerahkan di sepanjang area CFD untuk memastikan warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami terus mengimbau agar warga dalam berolahraga tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak fisik, memakai masker, serta menjaga kebersihan. Selain itu, bagi warga yang rentan terpapar Covid-19 (anak-anak di bawah usia 9 tahun, lansia, dan ibu hamil) agar tetap berada di rumah dan menjaga kebugaran di rumah," kata dia.

(dmi/osc)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER