Hari Pertama CFD, Masyarakat Padati Sudirman-Thamrin

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 21/06/2020 08:24 WIB
Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jakarta kembali dibuka. Minggu (21/6/2020). Pembukaan kembali CFD ini diiringi dengan sejumlah protokol kesehatan. CNN Indonesia/Andry Novelino Masyarakat memadati jalan Sudirman sampai Jalan Thamrin, Jakarta pada hari pertama Car Free Day, Minggu (21/6) pagi.(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat memadati jalan Sudirman sampai Jalan Thamrin, Jakarta pada hari pertama Car Free Day di tengah pandemi Covid-19, Minggu (21/6) pagi.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, CFD ramai pengunjung yang ingin berolahraga sejak pukul 07.30 WIB.

Kebanyakan pengunjung didominasi oleh pengemudi sepeda ketimbang yang berlari. Selain orang dewasa juga banyak anak kecil yang terlihat turut berolahraga di sepanjang jalan.


Area samping Gelora Bung Karno dan FX Sudirman juga dipadati pengunjung CFD. Sejumlah pedagang makanan sampai masker pun terlihat menjajakan barangnya di pinggir jalan.

Karena padat pengunjung, jaga jarak pun tak banyak diterapkan. Terutama bagi pejalan kaki di pinggir-pinggir jalan yang mengekor ketika ingin memasuki Jalan Sudirman.

Hampir semua pengunjung memakai masker. Namun beberapa terlihat membuka masker ketika tengah makan atau beristirahat.

Terdapat beberapa petugas Dinas Perhubungan yang berjaga di area Jalan Sudirman. Mereka menghimbau para pengunjung agar memakai masker.

Suasana Car Free Day (CFD) pertama DKI Jakarta di tengah pandemi virus corona, Minggu (21/6).Suasana Car Free Day (CFD) pertama DKI Jakarta di tengah pandemi virus corona, Minggu (21/6). Foto: CNNIndonesia/Feybien Ramayanti

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya mengerahkan 500 personel untuk menjaga perhelatan CFD pertama di tengah pandemi corona.

Mereka berjaga di sepanjang jalan mulai dari Patung Kuda Monas sampai Patung Pemuda Senayan. Arifin mengatakan mereka diinstruksikan untuk menjaga kerumunan dan memastikan lansia, anak-anak dan ibu hamil tidak CFD, dan agar semua pengunjung memakai masker.

"Apabila tidak menggunakan masker anggota kami Satpol PP tidak segan-segan untuk melakukan penindakan, sanksi Rp250 ribu," tuturnya ketika dikonfirmasi.

Untuk menghindari kerumunan, ia mengatakan jalur pengemudi sepeda diperluas menjadi tiga jalur. Biasanya hanya dibuka satu jalur untuk pengemudi sepeda.

Dengan begini, katanya, pengemudi sepeda tidak akan bertumpuk di satu jalur. Dan pejalan kaki diberikan satu jalur di paling kiri jalan dan di trotoar.

(fey/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK