Polisi Diserang di Gunung Lawu: Pelaku Tewas, Dua Terluka

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2020 09:34 WIB
Polda Jawa Tengah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) usai peristiwa penyerangan rombongan Polres Karanganyar di depan pos pendakian Gunung Lawu Cemoro Kandang, desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (21/6). Seorang pria membawa sabit menyerang rombongan polisi di tengah acara susur Gunung Lawu, Karanganyar. (CNN Indonesia/ Rosyid)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi penyerangan terhadap rombongan Wakapolres Karanganyar Komisaris Polisi Busroni dilakukan seorang pria di Desa Gondosuli, Cemoro Kandang, kawasan Gunung Lawu, Jawa Tengah, Minggu (21/6).

Pihak kepolisian masih belum mengetahui identitas pelaku penyerangan tersebut. Kepolisian, lanjutnya, masih mendalami identitas dan motif pelaku tersebut.

"Sampai sekarang belum diketahui identitas orang tidak dikenal itu," ucap Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.


Peristiwa penyerangan oleh seorang pria tak dikenal itu terjadi di tengah acara susur Gunung Lawu sekitar pukul 10.20 WIB.

Lutfi mengatakan saat kejadian seorang pria yang membawa senjata tajam berupa sabit itu tiba-tiba mendatangi rombongan polisi.

Pria itu kemudian mengejar Wakil Kepala Polres Karanganyar Komisaris Busroni. Namun, aksinya itu terbaca oleh Brigadir Dua Hanif Ariyono yang merupakan sopir Wakapolres Karanganyar.

Akibat kejadian itu, Hanif mendapat luka di bagian leher dan punggungnya karena terkena pisau yang digunakan pelaku.

Selain Hanif, seorang relawan bernama Jarot yang berusaha mengadang juga terluka di bagian lengan kanan dan punggung akibat sabetan senjata tajam. Keduanya pun dilarikan ke RSUD Karanganyar untuk mendapatkan perawatan medis.

Lutfi mengatakan usai kejadian pelaku kemudian dilumpuhkan dengan tembakan. Pelaku sempat dilarikan ke rumah sakit namun akhirnya tewas lantaran kehabisan darah.

"Pelaku kemudian dibawa ke rumah sakit, kehabisan darah, dia meninggal," kata Lutfi.

Untuk mengusut peristiwa tersebut, kepolisian pun langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

Puluhan anggota polisi dari Polda Jateng, Polres Karanganyar dan Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 dikerahkan untuk mengamankan proses olah TKP. Selain itu, garis polisi juga dipasang di dua akses masuk menuju pos pendakian Gunung Lawu Cemoro Kandang.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]