Corona Jatim Tembus 10 Ribu, Menkes Terawan Turun Tangan

CNN Indonesia | Rabu, 24/06/2020 13:57 WIB
Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (CNN Indonesia/ Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto, mengaku bakal mengurai pokok permasalahan yang menyebabkan angka kasus positif virus corona (Covid-19) di Jawa Timur terus melonjak.

"Saya akan mengurai apa pokok persoalannya," kata Terawan saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Rabu (24/6).

Jika pokok persoalan adalah penegakan protokol kesehatan, ia pun bakal melakukan evaluasi agar protokol tersebut bisa dipatuhi masyarakat.


"Kalau karena protokol kesehatan ya protokol kesehatannya harus terus didisiplinkan supaya bisa mengurangi angka tertular. Dan itu sangat penting preventif promotif dari protokol kesehatan," ujarnya.

Menurut Terawan, protokol kesehatan adalah hal yang penting. Ia berharap hal itu bisa menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam menjalani setiap aktivitas.

"Protokol kesehatan itu harus sudah menjadi istilahnya budaya dan harus melekat di hati sanubari penduduk, di kala melaksanakan protokol kesehatan baik di lingkungan dia tinggal, di lingkungan bekerja, di rumah sakit juga harus protokol kesehatan," ucapnya.

Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Jawa Timur telah melebihi 10 ribu pada Selasa (23/6). Merujuk data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, kasus positif di Jawa Timur pada Selasa (23/6) tercatat sebanyak 10.115.

Jumlah itu membuat kasus positif di Jatim hanya selisih 135 dari DKI Jakarta. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid-19, jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta sebanyak 10.250 pada Selasa (23/6).

Sementara itu, berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, kasus kumulatif corona di provinsi ini mencapai 10.092. Dari jumlah itu 6.115 pasien masih dirawat, 753 pasien meninggal dunia dan 2.995 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]