Kota Sukabumi Zona Hijau Corona, Sekolah Diizinkan Buka

CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 16:09 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Depok untuk singkronisasi kerja antara prmkot Depok dan Pemprov Jawa Barat. Depok. Senin  (2/3/2020). CNN Indonesia/Andry Novelino Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil izinkan Pemkot Sukabumi mempersiapkan protokol kesehatan di sekolah unttuk menggelar belajar tatap muka. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bandung, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan Kota Sukabumi berstatus zona hijau penyebaran virus corona (Covid-19). Kota Sukabumi menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang dinyatakan aman dari virus corona.

"Alhamdulillah, ada satu wilayah sekarang masuk zona hijau yaitu Kota Sukabumi," kata pria yang karib disapa Emil dalam jumpa pers, di Gedung Sate, Senin (29/6).

Emil mengatakan penilaian yang dilakukan pihaknya memakai sembilan indikator, yakni laju ODP, PDP, pasien positif-kesembuhan, kematian.


Kemudian reproduksi instan, transmisi/kontak indeks, pergerakan orang, dan risiko geografi atau perbatasan dengan wilayah transmisi lokal.

Dengan status zona hijau, Emil memberikan izin kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan protokol kesehatan di sekolah.

Ia pun memerintahkan Gugus Tugas Jabar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kota Sukabumi dalam mengawal proses adaptasi siswa kembali ke sekolah.

"Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah karena sesuai aturan zona hijau bisa menerapkan aturan sekolah fisik," ujarnya.

Selain itu, Emil mengatakan terdapat sejumlah daerah yang turun statusnya dari zona biru ke zona kuning. Namun mantan wali kota Bandung itu belum menyebut secara rinci daerah tersebut.

"Mungkin besok atau lusa disampaikan ke media. Tapi yang jelas jumlahnya tidak terlalu banyak dan ini contoh jangan main-main dengan kewaspadaan," katanya.

Lebih lanjut, Emil mengatakan pihaknya akan intensif menggelar tes di kawasan yang berpotensi menciptakan penularan baru Covid-19, seperti di tempat wisata dan transportasi umum.

"Kami akan meneruskan target 100 persen pasar untuk pengetesan, juga di bidang pariwisata sama tempat keramaian seperti terminal dan stasiun sebagai tiga titik rawan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)," ujarnya.

Sampai sejauh ini Jabar sudah menerapkan AKB. Sedangkan wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional sampai 2 Juli.

Berdasarkan data Pemprov Jabar per Sabtu (27/6), jumlah kumulatif kasus positif virus corona di Kota Sukabumi mencapai 49 orang. Dari jumlah itu, 18 orang dirawat dan 30 orang dinyatakan sembuh.

(hyg/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK