Jabar Klaim Kapasitas Tes PCR Covid-19 Capai 2.000 Per Hari

CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 04:08 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Depok untuk singkronisasi kerja antara prmkot Depok dan Pemprov Jawa Barat. Depok. Senin  (2/3/2020). CNN Indonesia/Andry Novelino Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Bandung, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan saat ini kapasitas tes swab dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 sudah mencapai dua ribu per hari.


"Testing kapasitas kita sudah dua ribuan per hari, jadi dalam satu minggu terakhir hampir 14.000 tes PCR," kata Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, dalam jumpa pers, Senin (29/6).

Berdasarkan data, Emil memaparkan, sudah sebanyak 78.108 tes swab PCR yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.


"Jadi rata-rata dua ribuan per hari. Minggu depan kita ketemu lagi tambahkan saja 14.000 terus sampai kita naikkan jumlah tesnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan pasien Covid-19 yang sembuh dari Jabar sudah melebihi kasus aktif. "Kasus di Jawa Barat sekarang yang sembuh sudah melebihi yang sakit sehingga kesembuhan rata-rata 17 orang per hari," ucapnya.

Selain itu, Emil menyampaikan angka reproduksi (Rt) Covid-19 mingguan saat ini masih di bawah satu atau tepatnya di angka 0,82. "Jadi rata-rata masih di bawah satu dalam tujuh hari di angka 0,79," katanya.

Sedangkan, kasus aktif Jabar ia mengklaim saat ini berada di posisi keenam dari 34 provinsi. "Jadi sudah tidak lagi dalam posisi tiga besar atau lima besar kasus aktif, kita mengecil sekarang di posisi keenam," tuturnya.

Adapun dari sisi ekonomi, Emil menyebutkan bahwa Jabar masih dalam tren positif di angka 2,6 persen.

"Walau kita duga kita akan mengalami tekanan lebih sampai akhir bulan ini dan kita doakan di tiga bulan ke depan dengan pembukaan ekonomi minimal kita tidak di bawah nol," ucapnya.

Berdasarkan laporan gugus tugas penanganan covid-19 pemerintah pusat, jumlah papsien positif corona di Jawa Barat hingga 29 Juni 2020 mencapai 3.134 orang. Sedangkan pasien sembuh 1.522, dan meninggal 175.

(hyg/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK