Demokrat Lawan Keluarga Atut di Pilkada 3 Wilayah Banten

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 06:56 WIB
Sejumlah bendera dari Partai Demokrat terpasang di jembatan layang kawasan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/5). Kongres ke-IV Partai Demokrat akan berlangsung pada 11-13 Mei di Surabaya, dengan agenda utama pemilihan ketua umum periode 2015-2020. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ed/mes/15 Ilustrasi. Partai Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Demokrat resmi mengusung pasangan calon untuk pilkada tiga daerah di Banten: Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. Di tiga daerah tersebut Demokrat bakal bersaing dengan calon yang diusung dari keluarga mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Sementara itu untuk Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Demokrat belum mengeluarkan surat rekomendasi. Demokrat sejauh ini santer disebut bakal mengusung kadernya Siti Nur Azizah, yang juga putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Baru tiga pasangan calon kepala daerah di Banten yang dikeluarkan oleh DPP. Tangsel sendiri masih di godok oleh DPP," kata Sekretaris DPD Demokrat Banten, Eko Susilo, melalui sambungan selulernya, Selasa (30/6).


Pasangan calon di Kabupaten serang ada Nasrul Ulum dengan Eki Baihaki yang akan melawan Incumbent sekaligus adik Ratu Atut Chosiyah, yakni pasangan Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa.

Kemudian di Kota Cilegon, ada nama Iye Iman Rohiman dengan Awab. Awab saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kota Cilegon dan pernah menjabat sebagai Kasat Intel Polres Cilegon.

Mereka akan melawan petahana Ati Marliyati yang berpasangan dengan Sokhidin. Ati merupakan anak dari mantan Wali Kota Cilegon dua periode, Tubagus (Tb) Aat Syafa'at dan kakak dari mantan Wali Kota Cilegon dua periode, Tb Iman Ariyadi. Ati saat ini masih menjabat sebagai wakil wali kota Cilegon. Sedangkan Sokhidin saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Cilegon dari Partai Gerindra.

Selanjutnya di Kabupaten Pandeglang, Demokrat mengusung petahana yakni Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban. Irna pernah menjadi kader Demokrat, namun beralih menjadi kader PDIP menjelang pencalonannya di periode kedua. Kemudian Tanto merupakan merupakan kader Golkar yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Pandeglang menemani Irna Narulita.

"Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, kita menginginkan perubahan. Sedangkan di Kabupaten Pandeglang, proses pemerintahan dan pelayanan di masyarakat sudah berjalan baik dan butuh perbaikan di periode keduanya," terangnya.

Kemudian di Kota Tangsel, kader internal Partai Demokrat sudah dipastikan akan maju, yakni Siti Nur Azizah.  Azizah saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat.

"Tangsel, tunggu saja tanggal mainnya dan akan ada kejutan," jelasnya.

(ynd/ain)

[Gambas:Video CNN]