Polisi Tetapkan PIJE Tersangka Pembakar Mobil Via Vallen

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 14:53 WIB
Arrested man in handcuffs Polresta Sidoarjo menjerat pria berinisial PIJE sebagai tersangka pembakar mobil pedangdut Via Vallen. Ilustrasi (Istockphoto/D-Keine)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polresta Sidoarjo menetapkan seorang pria berinisial PIJE sebagai tersangka pembakar mobil Toyota Alphard putih milik pedangdut Via Vallen. Penetapan tersangka ini dilakukan setelah berhasil meminta keterangan PIJE.

"Kami berhasil meminta keterangan tersangka setelah pengaruh minuman keras yang dikonsumsi tersangka mulai menurun," kata Kapolresta Sidoarjo, Komisaris Besar Sumardji, Rabu (1/7).

Sumardji mengatakan pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah saksi mata, korban, serta sejumlah bukti dari rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.


"Kami meminta keterangan saksi mata, saksi korban dan melihat CCTV yang ada. Sehingga statusnya kita naikkan jadi tersangka," ujarnya.

Sumardji mengaku sempat kesulitan meminta keterangan PIJE karena menunjukkan gelagat gangguan jiwa. Saat itu PIJE masih berada di bawah pengaruh minuman alkohol.

Meski demikian, kata Sumardji, penyidik akan tetap memeriksa kejiwaan PIJE. Ia ingin memastikan apakah yang bersangkutan benar mengalami gangguan jiwa.

"Terkait psikologinya masih kami dalami, kami minta psikiater memeriksa," katanya.

Atas perbuatannya, PIJE dijerat dengan Pasal 187 ayat (1) KUHP tentang pembakaran dengan sengaja. PIJE terancam hukuman maksimal mencapai 12 tahun penjara.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan terduga pelaku pembakar mobil Via Vallen tersebut berinisial PIJE.

Laki-laki berusia 41 itu disebut merupakan warga Jalan Pabrik Tenun Gg. Solo, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Mobil Via Vallen hangus terbakar di samping rumahnya di kawasan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Terbakarnya mobil ini diunggah oleh Via Vallen melalui fitur instastory akun Instagramnya @viavallen.

Dalam peristiwa itu, polisi menyita sejumlah benda yang diduga terkait dengan mistis.Salah satu benda yang disita dari tangan pelaku adalah jenglot. Jenglot adalah benda mirip boneka yang diyakini sebagian orang punya kekuatan mistis.

Jenglot ditemukan dalam tas yang dipakai terduga pelaku. Dalam tas tersebut polisi juga menemukan bambu kuning yang dipercaya bertuah dan alat perdukunan lain.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]