Data Corona 1 Juli: Kasus Sembuh di 11 Provinsi Lebih Tinggi

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 19:20 WIB
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Kasus Corona Achmad Yurianto. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angka penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah, namun angka kasus sembuh juga tercatat meningkat di beberapa provinsi.

"Kasus sembuh cukup signifikan, Provinsi Bali misalnya dari 34 kasus baru yang dilaporkan hari ini tercatat 62 sembuh," kata Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (1/7).

Selain Provinsi Bali, terdapat 10 provinsi lainnya yang mencatatkan kasus sembuh lebih banyak dari laporan kasus konfirmasi positif.


Berdasarkan laporan harian Gugus Tugas Covid-19, provinsi-provinsi tersebut adalah: Jawa Timur, Banten, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Provinsi Jawa Timur melaporkan 187 orang sembuh dan 185 penambahan kasus positif. Banten melaporkan 10 kasus positif dan 21 orang sembuh.

Kalimantan Timur dan Maluku sama -sama melaporkan penambahan 7 kasus baru, 15 sembuh di Kaltim dan 18 sembuh di Maluku.

Papua Barat melaporkan 3 kasus baru dan 12 kasus sembuh, Riau 1 kasus baru dan 2 sembuh.

Sementara provinsi Jambi, Kaltara, Sulteng, dan Gorontalo tidak melaporkan penambahan kasus harian, namun melaporkan kasus sembuh. Jambi mencatat 8 kasus sembuh, Kaltara 2 kasus sembuh, Sulteng 4 sembuh, dan Gorontalo 3 sembuh.

Merujuk pada data sepekan terakhir, secara nasional persentase angka sembuh adalah 43,2 persen. Yuri mengatakan angka tersebut masih lebih rendah dibanding angka kesembuhan global yakni 54,23 persen.

"Secara nasional memang lebih rendah dibanding angka global. Namun, kalau kita teliti di tiap provinsi, ada 18 provinsi yang punya angka kesembuhan di atas rata-rata dunia," ujarnya.

Provinsi tersebut di antaranya Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

"Kesembuhan ini bisa dicapai karena secara dini kita menemukan kasus konfirmasi positif dengan gejala ringan-sedang yang segera ditangani di rumah sakit," ujar Yuri.

Berdasarkan data 1 Juli 2020, angka kasus positif Covid-19 berjumlah 57.770, akumulasi kasus sembuh sebanyak 25.595 dan kasus meninggal dunia berjumlah 2.934.

[Gambas:Video CNN]



(mln/kid)

[Gambas:Video CNN]