Tambahan Kasus Corona Tertinggi di Dua Hari Awal Juli

CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 08:35 WIB
Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen saat swab test secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (LABKESDA) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020). Berdasarkan data pemerintah hingga Senin (6/4/2020) terkonfirmasi positif COVID-19 di Banten mencapai 187 kasus. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj. Ilustrasi tenaga medis khusus penanggulangan virus corona (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai rekor harian tertinggi yakni 1.624 kasus pada Kamis (2/7) kemarin. Angka ini menjadi penambahan tertinggi sejak kasus Covid-19 diumumkan pertama kali pada awal Maret lalu.

Penambahan kasus tertinggi pada Kamis (2/7) terjadi di Jawa Timur dengan 374 kasus. Kemudian disusul DKI Jakarta dengan 190 kasus dan Sulawesi Selatan 165 kasus.

Sehari sebelumnya, angka penambahan kasus corona juga menyamai rekor sebelumnya yakni 1.385 kasus. Sama seperti penambahan kasus tertinggi pada 27 Juni lalu.


Sejauh ini, jika ditotal, telah ada 59.394 kasus positif di seluruh Indonesia hingga Kamis (2/7). Dari jumlah tersebut, 26.667 orang telah sembuh dan 2.934 meninggal dunia.

Sejak Juni lalu, kasus positif Covid-19 memang melonjak signifikan. Penambahan angka positif mencapai lebih dari 1.000 kasus per hari. Pada bulan-bulan sebelumnya, jumlah kasus positif ada di kisaran angka ratusan.

Meski demikian, angka kesembuhan pada 2 Juli juga tertinggi sejak Maret lalu. Jumlahnya mencapai 1.072 orang.

Jumlah kasus Covid-19 sebelumnya telah diprediksi melonjak seiring jumlah testing covid-19 yang semakin banyak. Tim gugus tugas mengklaim jumlah pengujian spesimen covid-19 saat ini berhasil melampaui angka 20 ribu per hari.

Juni hingga Juli sendiri telah diprediksi bakal menjadi puncak kasus Covid-19 di Indonesia. Badan Intelijen Negara mengestimasi jumlah kasusnya akan mencapai lebih dari 100 ribu kasus pada akhir Juli.

Laju penularan virus corona yang belum melandai membuat pemerintah tak henti mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Cuci tangan, memakai masker serta menjauhi kerumunan perlu terus dilakukan.

Juru bicara khusus penanganan corona Achmad Yurianto mengingatkan bahwa peran masyarakat sangat penting dalam memerangi wabah virus corona. Oleh karena itu, dia menekankan kesadaran masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

(psp/bmw/sur)

[Gambas:Video CNN]