Nenek 70 Tahun Asal Aceh Sembuh dari Corona

CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 13:54 WIB
Warga melakukan rapid test dan swab di kawasan jalan Sudirman,  Jakarta Pusat.  Minggu (21/6/2020). CNN Indonesia/Andry Novelino Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pasien positif virus corona (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh berinisial MY (70) dinyatakan sembuh dari corona, setelah hasil swab pasien negatif dua kali.

Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, perempuan berusia 70 tahun itu merupakan pasien rujukan dari RSU Cut Mutia, Aceh Utara ke RSUZA pada Kamis (18/6), setelah diuji swab nasofaring dan orofarinya dinyatakan terkonfirmasi positif corona. 

Selama ditangani tim medis pinere RSUZA, MY beberapa kali diswab ulang dan diperiksa di Laboratorium RT-PCR Litbangkes Aceh, namun hasilnya masih positif.


Kata Saifullah, pada swab nasofaring dan orofaring yang terakhir, baru hasilnya terkonfirmasi negatif dua kali berturut-turut.

"Karena itu MY dinyatakan sudah negatif virus corona atau sudah sembuh dari Covid-19. Rencananya, MY dijemput oleh tim gugus tugas Covid-19 Pemkab Aceh Utara bersama keluarganya," kata Saifullah saat dikonfirmasi, Minggu (5/7).

Selain MY, kata Saifullah, tiga pasien lainnya yang dirawat di RSUZA Banda Aceh juga sembuh. Sehingga total yang sembuh hari ini berjumlah empat orang. "Artinya, ada 4 pasien dinyatakan sembuh hari ini, " ujar Saifullah.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.302 orang. Ada penambahan empat ODP baru. ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 75 orang.

Sedangkan sebanyak 2.227 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 127 kasus. Tidak ada penambahan PDP yang baru.

PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 6 orang.  PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 120 orang. PDP yang meninggal dunia hanya satu orang. PDP itu meninggal pada 26 Maret 2020.

Sedangkan jumlah orang yang positif corona di Aceh hingga saat ini sudah mencapai 87 orang. Pasien corona yang sedang dirawat sebanyak 46 orang, sudah sembuh 38 orang, dan tiga orang meninggal dunia.

(dra/ugo)

[Gambas:Video CNN]