Jaga Laut, Bakamla Kerja Sama dengan Jepang dan India

CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 01:35 WIB
Laksamana Madya (Laksdya) Aan Kurnia Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama kedutaan besar India di Indonesia Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia menjalin kerja sama dengan Jepang dan India di bidang kelautan (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia menjalin kerja sama dengan Coast Guard Jepang dan India untuk menggelar berbagai kegiatan bersama. Salah satu kerja sama yang dijalin adalah pertukaran informasi kemaritiman antara dua negara.

"Jadi intinya Indonesia dan Jepang akan meningkatkan kerja sama baik itu pelatihan mau pun saling pertukaran informasi. Khususnya untuk di maritim untuk menjaga keamanan dan keselamatan di laut," kata Aan di Mabes Bakamla, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (6/7).

Kerja sama Bakamla dengan Coast Guard Jepang sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan. Sejak 2018 Bakamla telah melakukan kerja sama dengan negara matahari terbit itu.


Bahkan kata Aan, banyak program yang telah direncanakan antara dua pihak yang mestinya bisa terlaksana tahun ini. Hanya saja kegiatan itu tak bisa direalisasikan lantaran saat ini masih ada pandemi Covid-19.

Dia enggan merinci kegiatan apa saja yang akan digelar oleh Bakamla bersama Jepang.

"Dulu, mulai tahun 2018 sebetulnya kita sudah kerja sama, cuma sekarang sebetulnya banyak program yang harusnya kita laksanakan. Tapi dengan situasi covid-19 ini, akhirnya kita laksanakan secara virtual," kata dia.

Saat ditanya apakah kerja sama dengan Jepang ini juga berkaitan dengan program menjaga laut di wilayah konflik secara bersama-sama antara Indonesia dan Jepang, Aan enggan membenarkan.

Kata dia, saat ini kedua negara fokus bekerjasama untuk penanganan persoalan bencana alam, dan keselamatan di wilayah perairan.

"Kita utamakan untuk menangani masalah bencana dulu kemudian keselamatan itu yang menjadi prioritas. Tapi semua nanti kita saling sharing di sini. Itu saja," kata dia.

Kerja sama Dengan India

Tak hanya dengan Jepang, Bakamla juga melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Indian Coast Guard (ICG). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia dengan Direktur Jenderal ICG K. Natarajan.

Penandatangan MoU ini dilakukan secara terpisah di masing-masing negara dan disaksikan secara virtual. Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Pradeep Kumar Rawat hadir di Bakamla mewakili Coast Guard India.

"Bakamla atau Indonesian Coast Guard dengan India Coast Guard membuat MoU kesepakatan kita akan meningkatkan kerja sama. Baik itu di bidang pendidikan maupun patroli," kata Aan.

Melalui kerja sama tersebut dia berharap hubungan kemaritiman kedua negara akan ditingkatkan. Aan juga berharap kerja sama ini bisa meningkatkan kemampuan masing-masing negara untuk menjaga keamanan laut. Selain itu, pertukaran informasi juga diharapkan bisa ditingkatkan.

"Ini akan meningkatkan kerja sama di kedua belah pihak khususnya India Coast Guard dan Bakamla," kata Aan.

(tst/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]