Gempa 5,0 SR Guncang Nias, Tak Berpotensi Tsunami

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 12:10 WIB
ilustrasi gempa Ilustrasi gempa. (Istockphoto/ Petrovich9)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Samudera Hindia, sekitar 47 kilometer dari Nias Utara, Sumatera Utara Rabu (8/7) siang.

Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melansir akibat guncangan gempa itu sejauh ini tak ada potensi tsunami.

Mengutip dari akun Twitter BMKG, gempa di lepas pantai itu terjadi pukul 11.03 WIB pada kedalaman 14 kilometer dari permukaan bumi.


Dalam keterangan persnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan setelah dilakukan pemutakhiran parameter gempa tektonik itu berkekuatan magnitudo 4,9.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault)," ujar Rahmat Triyono, Rabu.

Ia mengatakan guncangan gempa bumi itu terpantau dirasakan di daerah Nias Utara dan Gunung Sitoli dengan skala III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Kemudian di Kabupaten Nias dengan skala II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Selain itu, hingga berita ini ditulis, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

(kid/kid)

[Gambas:Video CNN]