Sidang Tahunan MPR Dimajukan Jadi 14 Agustus

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 14:23 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet bertemu dengan Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8). Ketua MPR Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyatakan penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR akan dimajukan pada 14 Agustus mendatang. Sidang tahunan biasanya digelar sehari sebelum peringatan kemerdekaan 17 Agustus, yakni 16 Agustus.

"Persiapan sidang tahunan akan kita selenggarakan 14 Agustus. Kebiasaan kita 16 Agustus, namun karena 16 jatuh pada hari Minggu, maka dimajukan Jumat 14 Agustus," ujar Bamsoet, sapaannya, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/7).

Bamsoet menyebut Jokowi akan tetap hadir secara fisik seperti sidang tahunan sebelumnya di gedung DPR/MPR. Namun ia menegaskan bahwa penyelenggaraan sidang tahunan akan tetap mengacu pada protokol kesehatan.


"Alhamdulillah pak presiden menyatakan akan hadir secara fisik dalam sidang tahunan yang kami selenggarakan, karena bagaimanapun juga presiden sampaikan kita harus adaptasi," katanya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, makna adaptasi yang dimaksud Jokowi adalah semua tetap harus melakukan aktivitas seperti biasa.

"Kehidupan harus terus berjalan, kerja-kerja untuk bangsa dan negara harus terus dilanjutkan, namun tetap mengacu protokol kesehatan," ucap Bamsoet.

Pemerintah sebelumnya telah memutuskan tetap menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Upacara akan digelar secara terbatas di Istana Negara Jakarta dengan diikuti Jokowi dan ibu negara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri, serta sejumlah pejabat yang mendapat tugas.

Sementara menteri maupun pejabat lain yang biasanya hadir dapat mengikuti upacara secara virtual.

(psp/ugo)

[Gambas:Video CNN]