Pasien Sembuh Corona di Kalbar Capai 90 Persen Lebih

CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2020 22:49 WIB
Petugas medis penanganan COVID-19 mengenakan baju Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan khusus pasien COVID-19 Martha Friska di Medan, Sumatera Utara, Kamis (2/4/2020). Pemerintah provinsi Sumut memperpanjang sekaligus menaikkan status menjadi Tanggap Darurat hingga 21 Mei 2020 untuk mempercepat penanganan dengan mempersiapkan sejumlah rumah sakit rujukan khusus menangani COVID-19 di wilayah Sumut. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww. Pasien positif corona yang dinyatakan sembuh di Kalbar mencapai 90,8 persen. Ilustrasi (ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)
Pontianak, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengatakan tingkat kesembuhan pasien positif virus corona (Covid-19) di wilayahnya mencapai 90,8 persen per Sabtu (11/7). Jumlah kasus positif di Kalbar sebanyak 347 orang dan 315 orang di antaranya dinyatakan sembuh.

"Corona adalah penyakit yang self limiting disease, penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya asal kondisi tubuh tetap bugar dan imunitas tubuh tetap tinggi," kata Harisson, Sabtu (11/7).

Harisson mengungkapkan rahasia tingginya pasien positif corona yang sembuh di Kalbar. Menurutnya, dalam melakukan perawatan pihaknya fokus untuk meningkatkan imunitas tubuh pasien positif Covid-19.


"Termasuk pemberian vitamin, mineral dan antioksidan, dalam hal ini kita memberikan madu dicampur teh panas, telur rebus 2 butir, buah-buahan seperti pepaya, alpukat dan jeruk," ujarnya.

Selain imun tubuh, Harisson mengaku juga menjaga psikologis pasien agar tidak stres. Pihaknya membuat pasien selalu optimis dan selalu berpikir positif serta meyakinkan mereka pasti bisa sembuh.

"Hal-hal ini yang membuat imunitas tubuh mereka tetap terjaga dengan baik sehingga menjadi kekuatan untuk melawan virus covid-19," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta seluruh pemerintah daerah di Kalbar dan masyarakat tak lengah kendati angka pasien sembuh hampir mendekati 100 persen. Ia meminta jajarannya mengisolasi setiap orang yang baru datang di wilayah Kalbar.

"Saya berharap tetap waspada, lakukan rapid tes dan isolasi orang yang baru datang dari daerah endemik, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Serta tetap jaga kebugaran dan makan makanan yang bergizi seperti madu, teh panas dan telur rebus," ujarnya.

Secara nasional, kasus positif virus corona terus bertambah. Per Sabtu (11/7), kasus positif Covid-19 mencapai 74.018 orang. Di antara kasus kumulatif itu, sebanyak 34.719 orang dinyatakan sembuh dan 3.535 orang lainnya meninggal dunia.

(dho/fra)

[Gambas:Video CNN]