Sebagian Besar Kasus Baru Covid-19 OTG, Tak Bebani RS

CNN Indonesia | Minggu, 12/07/2020 17:16 WIB
Petugas medis Puskesmas Kecamatan Gambir mengambil sampel lendir warga saat tes Swab di Pasar Thomas,  Jakarta, Rabu, 17 Juni 2020. Tes swab untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu diperuntukan bagi para pedagang pasar. CNN Indonesia/Safir Makki Mayoritas warga yang positif corona tanpa gejala sehingga tak perlu dirawat di RS. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan sebagian besar kasus pasien positif virus corona (Covid-19) yang baru ditemukan hari ini kebanyakan berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Yurianto menyatakan pasien dengan status OTG sama sekali tak merasakan keluhan dan tak merasakan sakit apapun meski sudah dinyatakan positif Covid-19.

"Secara keseluruhan sebagian kasus baru yg kita dapatkan pada hari ini adalah kasus baru yang tidak ada indikasi untuk dirawat di rumah sakit," kata Yurianto dalam konferensi persnya di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (12/7).


Melihat hal itu, Yurianto berpanrangan pasien Covid-19 dengan status OTG wajib melaksanakan karantina mandiri secara ketat. Hal itu bertujuan agar tak menjadi sumber penularan bagi orang lain

Yurianto pun menyatakan beban Rumah Sakit tak terdampak sampai saat ini meski kasus baru positif Covid-19 mengalami peningkatan.

"Ini yang kemudian kita lihat kasus beban layanan rumah sakit tidak meningkat meskipun kasus baru kita temukan lebih banyak," kata dia.

Diketahui, jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 1.681 orang per Minggu (12/7). Sehingga, total pasien positif corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 75.699 kasus.

Dari total itu, sebanyak 35.638 orang dinyatakan sembuh dan 3.606 orang lainnya meninggal dunia.

Yurianto juga mencatat total ada beberapa provinsi yang mengalami penambahan kasus pasien sembuh lebih banyak dibandingkan kasus positif Corona per hari ini.

Provinsi itu diantaranya Bali dengan 59 sembuh dan 48 kasus positif baru. Banten dengan pasien sembuh 50 dan kasus baru sebanyak 12. Yogyakarta dengan pasien sembuh 2 orang dan penambahan kasus baru 1 orang.

Lalu, Jambi dengan pasien sembuh sebanyak 9 dan nihil kasus baru. Kalimantan Barat dengan 12 orang sembuh dan 3 kasus baru. Kalimatan Selatan dengan total sembuh 107 orang dan kasus baru sebanyak 77 orang. Lalu Kepulauan Riau dengan 7 orang sembuh, 5 kasus baru.

(rzr/sur)

[Gambas:Video CNN]