Update Corona 13 Juli: 76.981 Positif, 36.689 Sembuh

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 15:40 WIB
Petugas medis dari tim Satgas COVID-19 Kabupaten Simeulue yang membawa dua pasien terkonfirmasi positif menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat tiba di RSU Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Rabu (13/5/2020). Dua warga Simeulue yang memiliki riwayat penularan dari Jawa Barat terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab dirujuk ke RSU Zainal Abidin untuk mendapat perawatan. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww. Petugas medis dari tim Satgas Covid-19 melintasi tanda pemberitahuan terkait risiko penularan virus corona. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah lagi hari ini sehingga total menjadi 76.981 kasus hingga Senin (13/7). Dari jumlah tersebut, 36.689 di antaranya telah sembuh dan 3.656 meninggal dunia.

Angka tersebut dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 selama 24 jam hingga pukul 12.00 WIB siang ini.

"[Penambahan] kasus terkonfirmasi positif 1.282 orang, sehingga totalnya menjadi 76.981 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (13/7).


Untuk penambahanan pasien sembuh hari ini, Yurianto mengatakan ada 1.051 orang sementara yang meninggal bertambah 50 orang.

Achmad Yurianto menegaskan bahwa penularan virus corona masih terjadi, sehingga masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain senantiasa memakai masker, menjauhi keramaian, dan rajin mencuci tangan. Dia berharap masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan agar laju penularan virus corona benar-benar bisa ditekan.

Yurianto juga menyarankan masyarakat untuk menyertakan sirkulasi udara yang baik di ruangan yang digunakan untuk beraktivitas. Dia juga menyarankan agar jendela dibuka setiap pagi.Terlebih, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan informasi baru bahwa mikro droplet virus corona bisa bertahan di udara. Tingkat penularan bisa semakin tinggi andai masyarakat tidak memakai masker.

(mln)

[Gambas:Video CNN]