Sempat PDP, Putra Mbah Moen Ketua DPRD Rembang Wafat

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 10:21 WIB
Keluarga korban penumpang Lion Air PK-LQP berdoa bersama dan tabur bunga dari atas KRI Banda Aceh di lokasi jatuhnya pesawat di perairan Tanjung Karawang. Jawa Barat, Selasa, 6 November 2018. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus PPP Majid Kamil meninggal dunia pada Minggu malam (12/7) di RSUD dr. Soetrasno Rembang. Majid merupakan Ketua DPRD Rembang yang juga putra dari Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Maimoen Zoebair.

Mengutip Kantor Berita Antara, Wakil Ketua DPC PPP Rembang Hafidin Kastur mengatakan Majid sempat berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19).

Dia juga sempat dirawat di rumah sakit Islam lalu dirujuk ke RSUD dr. Soetrasno Rembang lantaran terindikasi menjadi PDP. Majid lalu dirawat di RSUD Rembang selama satu pekan hingga meninggal dunia pada Minggu malam (12/7).


Dihubungi terpisah, Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan Majid meninggal dunia pada sekitar pukul 19.45 WIB. Ia pertama kali mendapat kabar itu dari Anggota DPR RI Fraksi PPP Rojih.

"Benar, tadi malam kami dapat info duka dari ponakan beliau, Gus Rojih yang Anggota Fraksi PPP DPR," kata Baidowi lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/7).

Baidowi mengaku mendapat informasi dari kader PPP, bahwa ratusan santri menyambangi RSUD Soetrasno pada Minggu malam (12/7). Mereka berkumpul setelah mendengar kabar Majid meninggal dunia.

Pada sekitar pukul 23.00 WIB, jenazah Majid selesai dimandikan lalu dibawa ke tempat salat. Santri yang dipimpin Gus Fairuz melantunkan Surat Al-Ikhlas dan doa di depan jenazah.

"Pukul 23.30 para keluarga ndalem Sarang rawuh dengan APD lengkap, kemudian salat jenazah diimami oleh Gus Ghofur. Kemudian di lanjutkan dengan Tahlil di pimpin oleh Mbah Ubab," kata Awiek meneruskan informasi yang ia terima.

Sekitar pukul 01.00 WIB, jenazah sempat dibawa ke Pondok Al-Anwar, Sarang. Jenazah yang berada di dalam ambulans disalatkan oleh ribuan santri. Setelah itu jenazah langsung dibawa ke pemakaman.

"Hanya orang tertentu yang dapat memasuki area pemakaman, dan itu pun memakai APD. Pukul 02.00 WIB pemakaman selesai, dengan lancar tertib dan sesuai protokol kesehatan," kata Awiek.

KH Majid Kamil Maimoen Zubair atau Gus Kamil adalah putra dari istri kedua KH Maimoen Zoebair. Sebelum meninggal, Majid menjabat sebagai Ketua DPRD Rembang, Jawa Tengah.

Majid selama ini dikenal sebagai politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia juga dikenal sebagai guru agama. Majid pernah mengajar di Pondok Pesantren Al Anwar, Rembang.

(Antara/dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]