TNI Sebut 98 Kasus Covid-19 Klaster Secapa AD Sembuh

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 11:03 WIB
Petugas kesehatan mengambil sampel lendir dari hidung salah satu warga saat mengikuti swab test dan tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 secara massal di Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/6/2020). Tes diagnositk cepat dan swab test yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kota Surabaya tersebut digelar untuk memetakan kondisi kesehatan masyarakat yang berada di zona merah sekaligus sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj. Ilustrasi swab. (Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan 98 orang di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung, Jawa Barat, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh atau negatif Virus Corona.

"Hasil Lab PCR dari swab ke-2 sampai dengan pagi ini, Senin 13 Juli ada 98 pasien yang dinyatakan negatif," kata dia, melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (13/7).

Pihaknya memang telah melakukan dua kali tes dengan metode polymerase chain reaction (PCR) terhadap sebagian dari 1.280 calon perwira dan 98 orang dinyatakan negatif.


"Sesuai protokol, telah dilakukan swab kedua kepada sebagian dari 1.280 personil positif Covid-19 di Secapa AD yang tujuh hari sebelumnya dilakukan swab kesatu," kata Nefra.

Hingga saat ini, katanya, masih ada 1.182 calon perwira di lingkungan Secapa yang dinyatakan positif Covid-19.

Untuk para 101 personel TNI di Pusdik POM, ia menyebut belum diketahui hasilnya lantaran tes swab kedua baru bisa dilakukan satu minggu setelah Swab pertama dilakukan.

"Sedangkan 101 pasien Positif di Pusdik POM belum dilakukan swab kedua karena baru bisa dilakukan satu minggu setelah swab kesatu," kata dia.

Pekan lalu, lingkungan Secapa AD digegerkan dengan temuan 1.280 orang yang dinyatakam positif tepapar wabah Covid-19. Dari 1.280 orang itu 991 orang di antaranya perwira siswa dan 289 sisanya merupakan staf dan anggota keluarga Secapa AD.

Terkait hal ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga meminta agar para perwira TNI secara keseluruhan baik dari matra Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat melakukan tes swab yang dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan.

(tst/arh)

[Gambas:Video CNN]