Doni soal Bioskop DKI Buka: Mestinya Dikomunikasikan Dulu

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 18:33 WIB
Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo  saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/7/2020). Rapat kerja tersebut membahas evaluasi kinerja dan anggaran program penangulangan COVID-19. CNN Indonesia/Andry Novelino Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menegaskan pihaknya belum akan memberikan rekomendasi untuk pembukaan bioskop dalam pandemi virus corona (Covid-19).

Doni juga merespons soal langkah DKI Jakarta yang lebih dulu memutuskan membuka bioskop di masa PSBB transisi fase dua.

"Seharusnya dikomunikasikan dulu kepada Gugus Tugas. Di kami kan punya pakar, ada kesehatan masyarakat, epidemologis yang bisa memberikan pertimbangan kepada pengelola," ujar Doni di Komplek Parlemen DPR, Senin (13/7).


Doni menegaskan masih akan terlalu berisiko untuk membuka bioskop di tengah virus corona yang belum terkendali. Doni menyampaikan Gugus Tugas baru sebatas memberi rekomendasi terhadap wisata alam di tempat terbuka, seperti pantai dan gunung.

Insert Artikel - Waspada Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Insert Artikel - Waspada Virus Corona

Mantan Pangdam Siliwangi itu menegaskan risiko tinggi akan terjadi ketika banyak orang berkumpul dalam suatu ruangan tertutup untuk waktu yang cukup lama.

"Nanti kalau dibuka lantas ada satu orang saja positif, bersin di dalam, apa bisa dijamin bahwa dia ketika bersin betul-betul menutup mulutnya dengan masker atau sapu tangan?" ucap dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengumumkan pembukaan bioskop mulai 6 Juli 2020. Keputusan itu dituangkan dalam SK dengan nomor 140 Tahun 2020.

"Bidang usaha pariwisata yang dapat beroperasi pada perpanjangan Fase I masa Transisi adalah sebagai berikut. Mulai tanggal 6-16 Juli: Pemutaran film (bioskop), produksi film, dan penyelenggaraan pertunjukan/NOBAR di ruang terbuka," dikutip dari SK yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (7/7).

(dhf/ain)

[Gambas:Video CNN]