Tujuh Pegawai KPK Positif Corona, Lima Sembuh

CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 18:59 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). CNN Indonesia/Andry Novelino Tujuh pegawai KPK positif corona pada periode Juni-Juli. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak tujuh pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) pada rentang waktu Mei-Juli 2020.

Dari jumlah tersebut, satu orang masih dirawat di rumah sakit dan satu lainnya menjalani isolasi mandiri. Sementara lima di orang sudah dinyatakan sembuh.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Biro SDM, Bagian Umum dan poliklinik KPK, hingga saat ini tercatat 7 pegawai KPK yang pernah terinfeksi Covid-19 pada rentang Mei - Juli 2020," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, dalam pesan tertulis, Senin (13/7).


Ali menuturkan lembaganya telah melakukan berbagai penanganan demi mencegah meluasnya penularan virus corona. Termasuk satu di antaranya melakukan tracing atau penelusuran jejak terhadap pihak-pihak yang berkomunikasi dengan pegawai yang terinfeksi.

"Sehingga dapat diminimalisir potensi penularan," kata dia.

Ali menuturkan saat ini terdapat satu pegawai yang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan dalam kondisi baik. Pegawai itu, lanjut dia, sedang menunggu hasil tes lanjutan sesuai mekanisme yang berlaku untuk dinyatakan sehat.

"Sementara 1 orang pegawai lainnya saat ini sedang menjalani proses isolasi mandiri dengan pantauan pihak rumah sakit dan puskesmas domisili," ucap ali.

Ali mengatakan KPK akan terus meningkatkan upaya mitigasi risiko terhadap penularan virus corona. Di antaranya mengatur ulang kapasitas lift dengan memaksimalkan penggunaan tangga darurat; membuat saluran komunikasi siaga (hotline) yang dikelola Poliklinik KPK untuk layanan informasi darurat.

Kemudian melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala di seluruh ruangan Gedung Merah Putih dan ACLC; serta menyelenggarakan kembali Rapid-Test dalam waktu dekat dengan jadwal yang akan diinformasikan kemudian.

Di samping itu, lanjut dia, Biro Umum KPK senantiasa mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai KPK untuk memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, seperti jaga jarak, penggunaan masker, hingga cuci tangan dengan sabun secara berkala.

(ryn/sur)

[Gambas:Video CNN]