Kadispora Maluku Positif Terpapar Covid-19

CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 10:40 WIB
Petugas kesehatan menggunakan alat rapid diagnostic test Corona RI-GHA COVID-19  di ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta. Kamis (9/7/2020). CNN Indonesia/Andry Novelino Ilustrasi tes corona. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Ambon, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku Sandi Wattimena dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil tes swab. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Maykel Ponto.

Sandi kini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Leimena, Rumah Tiga Ambon Maluku sejak Senin (13/7).

Ponto menjelaskan awalnya Sandi mengalami keluhan demam biasa sehingga ia meminta untuk rapid test pada Jumat (10/7) dan hasilnya non reaktif. Namun Sandi kemudian meminta tes swab pada Senin (13/7) yang mana hasilnya menunjukan positif Covid-19.


"Pak Kadis keluhan tidak enak badan dan pertama di rapid kira-kira 4 hari lalu hasilnya non reaktif, tapi pak Kadis minta dilakukan swab Senin kemarin hasilnya positif," kata Ponto melalui keterangan tertulis, Selasa (14/7).

Ponto juga mengakui Sandi beberapa kali pernah kontak dengan Juru Bicara (Jubir) Kantor Gubernur Maluku Melky Lohy yang sebelumnya lebih dulu dinyatakan positif corona. Ponto mengatakan Sandi pernah dan sering bertemu di setiap rapat yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku.

"Kalau kontak dengan pak Melky Lohy mungkin saja iya, karena kami sering ketemu dalam rapat," tuturnya.

Sebelumnya, Melky Lohy positif corona (Covid-19) setelah hasil swab positif dari RSUD Haulussy Ambon pada Sabtu (4/7) lalu.

Kini, kata Ponto, kondisi Melky sudah membaik selama dirawat di RSUD Haulussy Ambon. Saat ini Melky sudah dipindahkan ke Balai Diklat Perikanan Ambon Maluku karena keadaannya sudah tanpa gejala.

"Sekarang alhamdulillah baik. Tinggal menunggu dokter yang memeriksa apakah sudah diperbolehkan untuk pulang atau belum," ungkapnya.

(sai/osc)

[Gambas:Video CNN]