DKI Lebarkan Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Akhir Pekan Ini

CNN Indonesia
Kamis, 16 Jul 2020 04:19 WIB
Warga menggunakan sepeda di jalur khusus sepeda di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu, 15 Juli 2020. Pemprov DKI akan meniadakan jalur sepeda di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin setiap hari Minggu. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono Jalur khusus sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperlebar jalur sepeda di Kawasan Sudirman-Thamrin pada akhir pekan ini. Pelebaran jalur ini merespons tingginya animo bersepeda di tengah pandemi virus corona.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, dari hasil evaluasi, jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu (12/7) mengalami peningkatan volume pesepeda.

"Karena kemarin memang yang disiapkannya hanya satu lajur, tentu terlihat padat. Karena itu untuk Minggu besok kita akan perlebar untuk jalur sementaranya," ujar Syafrin saat dihubungi, Rabu (15/7).

Jalur sementara sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin pada akhir pekan dimaksudkan untuk menggantikan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Akibat pandemi corona, CFD di jantung kota Jakarta itu ditiadakan sementara, lantaran berpotensi menjadi pusat penyebaran virus.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan bahwa pelebaran jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin itu juga sebagai upaya pemerintah menyediakan sarana bagi warga yang ingin berolahraga.

"Bahwa kita pahami, di tengah pandemi Covid-19 ini warga terus harus jaga kebugaran, nah dengan bersepeda tentu yang bersangkutan bisa jaga jarak aman dengan terus tetap jaga kebugarannya, jadi difasilitasi," tuturnya.

Kendati memperlebar jalur sepeda, Syafrin menegaskan bahwa belum akan membuka kembali kegiatan CFD di kawasan Sudirman-Thamrin pada akhir pekan.

"Pelari tentu tidak diperbolehkan, tapi pejalan kaki mereka wajib ada di trotoar dan tidak boleh kongko atau nongkrong, berkerumunan," ujar Syafrin.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya Dishub DKI sempat berencana menghilangkan jalur sepeda di Sudirman-Thamrin. Namun, hal tersebut akhirnya urung dilaksanakan.

"Sebelumnya yang Sudirman-Thamrin kami evaluasi, termasuk di dalamnya rencana dihilangkan, tapi kemudian pola ini kita akan uji coba, besok itu tidak dihilangkan tapi ditambah jalurnya agar para pesepeda itu mampu bergerak tanpa harus terjadi penumpukan," ungkap dia.

(dmi/wis)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER