Achmad Purnomo Bakal Dilibatkan Tim Pemenangan Gibran di Solo

CNN Indonesia | Senin, 20/07/2020 07:03 WIB
Achmad Purnomo, Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Solo yang diusung oleh DPC PDIP Solo menyatakan tidak akan mundur dari Pilkada Solo meski harus bersaing dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Kader PDIP Achmad Purnomo akan dilibatkan dalam tim pemenangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa meski gagal mendapat tiket diusung PDIP dalam Pilwalkot Solo (CNN Indonesia/ Damar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo bakal melibatkan Achmad Purnomo dalam tim pemenangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

"Pak Pur akan dilibatkan dalam tim pemenangan, kalau sudah bisa kami ajak komunikasi dengan baik," kata Ketua DPC PDIP Solo sekaligus Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengutip Antara, Minggu (19/7).

Rudy belum menjelaskan tugas atau posisi yang diemban Purnomo dalam kerja-kerja pemenangan nanti. Dia hanya mengatakan bahwa Purnomo akan dilibatkan meski saat ini masih dalam keadaan yang kurang baik.


Diketahui, Purnomo gagal mendapat tiket untuk maju pilwalkot Solo dari PDIP. Putra sulung Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka yang diberikan tiket oleh partainya.

Menurut Rudy, kegagalan mendapat tiket dari PDIP itu yang menyebabkan kondisi Purnomo dalam kondisi kurang baik saat ini.

"Kalau dengan saya baik (komunikasinya), tidak ada persoalan, tetapi hati itu kan tidak bisa diingkari, ya manusiawi lah," kata Rudy.

"Sama seperti teman-teman yang lain, yang awalnya dicalonkan tetapi kemudian tidak mendapatkan rekomendasi," tambahnya.

Rudy mengatakan sejauh ini juga belum berkomunikasi dengan partai lain setelah PDIP resmi memberikan tiket kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Jika ada partai yang ingin mendukung, maka akan dilibatkan pula dalam tim pemenangan.

"Kalau saat ini belum koordinasi, belum ada yang menyatakan secara resmi untuk memberikan dukungan. Biasanya ada surat resmi yang menyatakan mendukung," kata Rudy.

Sebelumnya, DPP PDIP memberikan tiket kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa untuk maju di Pilwalkot Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

Gibran mendapat tiket meski Achmad Purnomo yang mulanya didukung DPC PDIP Solo. Seiring berjalannya waktu dan keputusan DPP, DPC PDIP lalu meminta semua kadernya untuk memenangkan pasangan Gibran-Teguh.

Gibran sendiri mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya bersyukur dan haturkan terima kasih pada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri atas rekomendasi yang diamanahkan kepada saya untuk jadi calon Wali Kota Surakarta 2020," kata Gibran melalui konferensi jarak jauh, Jumat (17/7).

Usai mendapat rekomendasi, Gibran bermaksud menemui Purnomo, namun gagal karena Wakil Wali Kota Surakarta itu tidak ada di kediamannya.

Belakangan Purnomo mengaku masih enggan bicara soal rekomendasi partai dan Pilkada 2020.

(Antara/bmw/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK