Loyalis Sebut Amien Rais Tak Mungkin Kembali ke PAN

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 17:34 WIB
Loyalis menyebut Amien Rais adalah sosok konsisten yang tak mungkin kembali ke PAN setelah disingkirkan oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan. Amien Rais. (CNNIndonesia/Farid).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Partai Amanat Nasional (PANAmien Rais disebut tidak mungkin kembali lagi ke PAN untuk bergabung bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Hatta Rajasa, serta Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir.

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin mengatakan Amien Rais adalah sosok yang konsisten dengan sikapnya dalam menegakkan keadilan serta kebenaran. Menurutnya, Amien Rais sudah disingkirkan dari PAN serta menganggap PAN sudah menyimpang dan tidak bisa diluruskan lagi.

"Tidak [mungkin kembali], Pak Amien Rais itu betul-betul dia seseorang yang sangat konsisten dengan sikapnya menegakkan keadilan dan kebenaran. Jika ada hal yang dianggap menyimpang dan sudah tidak bisa diluruskan, apalagi sampai ingin menyingkirkan dia," kata Mozin kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/7).


Dia juga berkata Amien Rais akan segera merampungkan segala urusan terkait pembentukan partai politik (parpol) baru. Mozin menyebut Amien Rais bersama pihaknya sedang dalam tahap menyiapkan seluruh persyaratan administrasi pembentukan parpol baru.

"Konsolidasi organisasi secara virtual kita lakukan rutin, konsolidasi dengan seluruh wilayah maupun daerah dan tim yang ada di Jakarta. Kami saat ini sedang dalam proses menyiapkan seluruh persyaratan administrasi partai. Itu segera kita rampungkan," katanya.

Mozin menerangkan, pembentukan parpol baru ini dilakukan karena Amien Rais melihat kondisi Indonesia yang membutuhkan sebuah jawaban atas situasi partai-partai politik yang sudah terkooptasi dengan kekuasaan saat ini.

Amien Rais sebelumnya mengaku telah dikeluarkan dari PAN. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah video yang diunggah di akun Youtube, @aguzbe official, Selasa (21/7). Amien Rais mengaku dikeluarkan karena tidak setuju PAN bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya sudah tidak di PAN lagi. Saya sudah dikeluarkan sama anak buah saya karena saya tidak setuju dengan rezim yang sudah tidak ketulungan itu. Sementara, mereka tetap yakin bahwa bergabung rezim Jokowi akan dapat logistik, akan dapat segala macam," ujar Amien Rais.

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi membantah klaim tersebut. Dia menyatakan Amien Rais tidak mungkin dikeluarkan dari partainya.

Menurutnya, Amien Rais adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN yang juga pernah menjabat sebagai Ketum PAN, dan menjadi personifikasi PAN.

"PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," ucap Viva kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/7).

(mts/osc)

[Gambas:Video CNN]