Demokrat di Pilgub: Pasha Cawagub Sulteng, Denny Cagub Kalsel

CNN Indonesia | Senin, 27/07/2020 17:46 WIB
Demokrat resmi mengusung Pasha Ungu jadi Cawagub di Pilgub Sulteng, sementara Denny Indrayana sebagai cagub di Pilgub Kalsel. Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Siad alias Pasha Ungu. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menyatakan Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Anwar Hafid dan Sigit Purnomo Said atau Pasha Ungu sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Sulawesi Tengah tahun 2020.

Keputusan mengusung Anwar-Pasha Ungu di Pilgub Sulteng itu didasarkan pada Surat Keputusan dan Rekomendasi dari rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Setelah melalui rapat MTP PD, diputuskan untuk memberikan Surat Keputusan rekomendasi pada Anwar Hafid dan Sigit Purnomo Said untuk Pilgub Sulawesi Tengah," kata Kamhar kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/7).


Anwar Hafid sendiri merupakan mantan Bupati Morowali. Ia kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Tengah periode 2016-2021. Sementara Pasha merupakan Wakil Wali Kota Palu periode 2016-2021 dan vokalis dari grup band Ungu.

Tak hanya itu, Demokrat turut memberikan tiga rekomendasi kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di tiga provinsi lainnya.

Di antaranya, rekomendasi diberikan kepada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni untuk maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub Sumatera Barat. Mulyadi merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat. Sementara Ali masih menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman periode 2016-2021.

Demokrat juga memberikan rekomendasi bagi pasangan Denny Indrayana dan Difriadi untuk maju di Pilgub Kalimatan Selatan.

Denny sendiri dikenal sebagai mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM periode kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara Dofriadi pernah menjabat sebagai wakil bupati Tanah Bumbu 2010-2015.

Tim kuasa hukum BPN Prabowo-Sandi Denny Indrayana saat diskusi Nalar Konstitusi Progresif Vs Nalar Kalkulator di Media Center Prabowo-Sandi. Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019. CNN Indonesia/Andry NovelinoDenny Indrayana. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Selain itu, Demkkrat juga menerbitkan Surat Tugas untuk pasangan Brigjen Pol Zainal A. Paliwang-Yansen Tipa Padan yang akan berlaga pada Pilgub Kalimantan Utara.

Zainal sendiri dikenal sebagai Penyidik di Bareskrim Mabes Polri. Sementara Yansen merupakan mantan Bupati Malinau untuk masa jabatan 2011-2016.

Kamhar menyatakan untuk lima provinsi lain yang menggelar Pilkada 2020 belum diumumkan oleh Partai Demokrat. Ia menyatakan ke lima kandidat tersebut masih dalam proses pendalaman.

"Kami berharap ada kader atau yang dikaderkan yang akan diusung sebagai Cagub dan Cawagub," kata dia.

Selain itu, Kamhar optimistis Partai Demokrat optimis bisa memperoleh kenangan minimal 35 persen dalam Pillgub 2020.

"Sekurang-kurangnnya di tiga daerah, masing-masing di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," kata Kamhar.

Doketahui, Pilkada Serentak 2020 akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. Sebanyak 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota akan menggelar ajang kontestasi lokal itu secara serentak tahun ini.

(rzr/ain)

[Gambas:Video CNN]