Gerindra Bakal Usung Denny Indrayana di Pilkada Kalsel

CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 20:31 WIB
Gerindra secara resmi akan menyerahkan dukungan untuk Denny Indrayana di Pilkada Kalsel, Senin (3/8) besok. Praktisi Hukum Denny Indrayana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Gerindra akan mengusung Denny Indrayana dalam Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020.

Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dukungan terhadap praktisi hukum tersebut akan diserahkan secara resmi besok, Senin (3/8).

"Kami yakini Pak Denny Indrayana mampu menarik dukungan dari publik, dengan situasi pandemi saat ini kita perlu perubahan. Kita perlu pemimpin baru untuk Kalsel," kata Dasco melalui pesan suara kepada CNNIndonesia.com, Minggu (2/8).


Terkait surat rekomendasi itu, Dasco menyebut pergerakan Gerindra di lapangan sebelum menentukan untuk mengusung siapa pada Pilgub Kalsel ini telah berjalan sekian lama. Namun hal itu tentu menjadi rahasia internal partai yang tak bisa dibuka ke publik.

"Gerakan Gerindra di lapangan tentunya menjadi rahasia kami sendiri, tapi kami punya modal kan, partai kami cukup besar, pendukung kami cukup solid, pengurus kami militan, dan kemudian saya rasa di Kalsel perlu perubahan," katanya.

Sebelumnya CNNIndonesia.com menerima salinan surat undangan terkait Penyerahanan Rekomendasi Partai Gerindra kepada Denny Indrayana selaku Calon Gubernur Kalimantan Selatan.

"Setelah melalui proses dan perjalanan yang panjang hampir sembilan bulan, akhirnya sampailah pada titik pentingnya penyerahan surat rekomendasi pencalonan gubernur Kalimantan Selatan. Dari Partai Gerindra kepada Saudara Denny Indrayana," demikian salah satu petikan dari surat tersebut.

Saat dikonfirmasi, Denny mengamini telah menerima undangan dari Gerindra untuk penyerahan rekomendasi tersebut.

"Insyaallah besok diumumkan resminya di DPP Gerindra... Insyaallah hadir, besok jam 13.00," ujar Denny lewat layanan pesan.

Selain Gerindra, sejauh ini Denny telah mendapatkan dukungan dari Demokrat. Dia meyakini bukan hanya dua parpol itu saja, tapi akan ada tambahan lain.

"Yang sudah pasti demokrat, yang lain dalam proses finalisasi," kata pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM tersebut.

Untuk diketahui, komposisi di DPRD Kalsel, Gerindra memiliki delapan kursi, sementara Demokrat memiliki tiga kursi. Gabungan dua parpol itu saja sudah cukup syarat bagi Denny untuk mendaftar ke KPU sebagai Bakal Cagub Kalsel dalam Pilkada 2020.

Denny sendiri bukanlah sosok asing bagi Gerindra. Pasalnya, pada Pilpres 2019 kemarin, Denny merupakan bagian dari tim kuasa hukum BPN Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Gerindra dan Sandiaga Uno.

(tst/kid)

[Gambas:Video CNN]