Contra Flow Diberlakukan di Tol Cikampek, Arah Jakarta Lancar

CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 17:21 WIB
Contraflow pada arus balik Iduladha 1441 H di ruas tol Cikampek-Jakarta diterapkan sejak pukul 13.55 WIB antara KM 66-KM 47 arah Jakarta. Contraflow pada arus balik Iduladha 1441 H di ruas tol Cikampek-Jakarta diterapkan sejak pukul 13.55 WIB antara KM 66-KM 47 arah Jakarta.(Dok. Jasa Marga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk menunjang kelancaran arus balik Iduladha 1441 H, polisi dan Jasa marga memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arus (contraflow) di ruas tol Cikampek-Jakarta.

Contraflow itu diterapkan mulai dari KM 66 hingga KM 47 arah Jakarta, sejak Minggu (2/8) siang pukul 13.55 WIB.

Terpantau dari akun Twitter Jasa Marga, per pukul 16.17 WIB Tol Jakarta Cikampek baik yang bawah maupun Elevated masih terpantau lancar.


"Jasa Marga memantau antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Jakarta cenderung normal, saat ini terpantau antrean 4-5 kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal," kata GM Representative Office 1 Jasa Marga Transjawa Toll Road Widiyatmiko Nursejati melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu siang.

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, contraflow kali ini juga diharapkan dapat mengurangi kepadatan jelang titik-titik rest area seperti di KM 62 dan KM 52.

Pasalnya, kepadatan kendaraan yang merayap kerap terjadi di titik simpang susun Dawuan atau KM 66. Pasalnya titik itu merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan dari arah ruas Tol Cipularang dan arah Cikampek menuju Jakarta.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa pemberlakuan contraflow kali ini atas diskresi Kepolisian. Oleh sebab itu, selain bantuan aparat kepolisian yang berjaga, Jasa Marga juga telah menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu sepanjang tol.

Sementara itu, pada Sabtu (1/8) atau H+1 Iduladha 1441 H, Jasa Marga mencatat sebanyak 134.136 kendaraan menuju Jakarta. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier /utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Jasa Marga mencatat total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 14.6% dibandingkan dengan lalu lintas pada hari normal.

Selain itu, Jasa Marga pun memprediksi hari ini menjadi waktu puncak arus balik Iduladha 1441 H menuju arah Jakarta dan sekitarnya.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]