Gugus Tugas Lacak 800 Kontak Erat Kasus Corona Gedung Sate

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 02:03 WIB
Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Provinsi Jabar menyatakan 40 persen kontak erat 40 pegawai Gedung Sate yang positif corona telah menjalani tes usap. Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Provinsi Jabar menyatakan 40 persen kontak erat 40 pegawai Gedung Sate yang positif corona telah menjalani tes usap. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Hugo).
Bandung, CNN Indonesia --

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan pelacakan terhadap mereka yang kontak erat dengan 40 pegawai Gedung Sate yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Ketua Harian Gugus Tugas Jabar yang juga Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, sekurangnya 40 persen dari mereka yang kontak erat dengan pegawai Gedung Sate yang positif Covid-19 mulai menjalani tes usap (swab test).

"Dari 800 orang yang coba kami lacak, sekitar 40 persen sudah melakukan tes swab. Hasilnya masih menunggu," katanya di Markas Kodam III Siliwangi, Senin (3/8).


Menurut Setiawan, pelacakan penting dilakukan untuk mengetahui peta penyebaran kasus Covid-19. Adapun mereka yang ditelusuri adalah rekan satu kerja dan keluarga. Rekan kerja mendapat prioritas karena memiliki intens pertemuan sekitar tujuh jam dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Termasuk saya, jadi saya mau tidak mau lakukan tes dari Rabu kemarin. Karena saya sering mobile jadi didahulukan hasilnya dan saya dinyatakan negatif. Tapi saya mau tes lagi nanti," ujarnya.

Setiawan lebih jauh mengatakan, dari 1.265 pegawai Gedung Sate yang dites swab pekan lalu, sebanyak 40 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Sebanyak 17 di antaranya PNS dan 23 non PNS.

(hyg/sfr)

[Gambas:Video CNN]