Istana Respons Kritikan Jokowi Tak Pakai Masker saat Rapat

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 13:00 WIB
Istana menyatakan Presiden Jokowi dan menteri lain tetap membuka-tutup masker sesuai kebutuhan, terlebih jarak peserta rapat telah dibatasi sekat kaca akrilik. Istana menyatakan Presiden Jokowi dan menteri lain tetap membuka-tutup masker sesuai kebutuhan, terlebih jarak peserta rapat telah dibatasi sekat kaca akrilik. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono merespons kritikan di media sosial yang menyebut Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri tak mengenakan masker saat rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/8) kemarin. 

Heru menyebut Jokowi dan menteri lain tetap membuka-tutup masker sesuai kebutuhan. Terlebih jarak antara Jokowi dan menteri lain telah dibatasi dengan sekat kaca akrilik.

"Buka-tutup masker dan sudah ada kaca akrilik," ujar Heru saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (4/8).



Dari foto yang beredar terlihat Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan Mahfud MD tak mengenakan masker. 

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno terlihat mengenakan masker. 

Presiden Joko Widodo saat memberi pengarahan di Istana, Jakarta, Selasa (28/7) / Foto: Muchlis - Biro SetpresPresiden Joko Widodo saat memberi pengarahan di Istana, Jakarta, Selasa (28/7) / Foto: Muchlis - Biro Setpres



Foto itu pun dikritik warganet karena dianggap tak tertib dengan anjuran menggunakan masker seperti yang digaungkan pemerintah selama ini. 




Dalam beberapa rapat maupun acara, Jokowi memang terlihat selalu mengenakan masker. Ia melepas saat akan berbicara untuk menyampaikan arahan. 

Jokowi diketahui menggelar rapat terbatas bersama para menteri membahas penanganan pandemi covid-19, Senin kemarin. Rapat kembali digelar langsung setelah sempat dilaksanakan secara virtual pekan lalu. 

Hanya saja kali ini meja yang digunakan untuk rapat dipasang pembatas menggunakan kaca akrilik. Protokol kesehatan juga diperketat dengan mewajibkan menteri maupun pihak lain yang akan bertemu Jokowi untuk menjalani swab test. Sebelumnya para pihak yang akan bertemu mantan wali kota Solo itu hanya menjalani rapid test. 


(psp/gil)

[Gambas:Video CNN]