Update Corona 14 Agustus: 135.123 Positif, 89.618 Sembuh

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 15:34 WIB
Kasus positif virus corona dan pasien meninggal dunia di Indonesia masih terus bertambah setiap hari. Ilustrasi tenaga kesehatan khusus penanganan corona (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia telah mencapai 135.123 orang hingga Jumat (14/8). Bertambah 2.307 orang dari hari sebelumnya. Data tersebut dapat diakses di situs kemkes.go.id.

Sejauh ini, jumlah pasien yang sembuh juga bertambah 2.060 orang, sehingga total 89.618. Jumlah pasien meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona juga bertambah, yakni 53 orang sehingga total sebanyak 6.021 per Jumat (14/8).

Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 26.018 Kemudian mengenai pasien suspek di Indonesia ada sebanyak 75.257 orang.


Laju penularan virus corona di Indonesia masih belum menurun drastis. Penularan masih terjadi di banyak tempat terhadap berbagai lapisan masyarakat.

Berkenaan dengan hal itu, pemerintah berulang kali menyampaikan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Terutama ketika beraktivitas di area publik.

Misalnya dengan memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak satu sama lain, serta rajin mencuci tangan. Langkah-langkah itu bisa meminimalisir potensi tertular virus corona.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi pasien virus corona akan terus bertambah dalam beberapa pekan ke depan. IDI khawatir kasus positif di Indonesia menginjak angka 200 ribu di bulan September.

IDI lalu berharap pemerintah menyiapkan banyak rumah sakit untuk mewaspadai lonjakan pasien. Dengan demikian, pasien tidak akan kesulitan dan langsung mendapat perawatan medis jika bergejala berat.

Sejauh ini, pemerintah ingin memperketat penerapan protokol kesehatan di area publik. Presiden Jokowi menerbitkan Inpres No. 6 tahun 2020. Di dalamnya termaktub beragam sanksi untuk mereka yang melanggar protokol kesehatan.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan Panglima TNI serta Kapolri untuk memberi dukungan personel kepada pemerintah daerah. Tujuannya, untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

(bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]