Partai Baru Amien Rais Dideklarasikan Desember 2020

CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2020 14:20 WIB
Tiga opsi nama partai baru besutan Amien Rais yang masih dikaji yakni Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, dan PAN Reformasi. Tiga opsi nama partai baru besutan Amien Rais yang masih dikaji yakni Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, dan PAN Reformasi. Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akan mendeklarasikan partai politik baru (parpol) besutannya pada Desember 2020 mendatang.

Rencana itu dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin. Ia menyatakan pihaknya sedang dalam tahap persiapan untuk mendeklarasikan parpol baru tersebut.

"Ya, kami dalam tahap persiapan," kata Agung kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/8).


Ia pun menyatakan bahwa pihaknya sudah memilih nama yang akan disematkan untuk parpol baru besutan Amien Rais tersebut. Namun, Agung menolak membeberkan nama tersebut.

"Nama belum kita umumkan. Sudah ada nama, tapi belum di-share," tuturnya.

"Tunggu saja," imbuh Agung.

Kabar Amien Rais bakal membentuk parpol telah beredar sejak Maret 2020 silam. Politikus PAN kala itu, Asri Anas, menyatakan bahwa sejumlah kader dan tokoh PAN mendorong agar Amien Rais membentuk PAN Reformasi.

Asri menyatakan dorongan tersebut telah diusulkan oleh ratusan DPD dan DPW PAN serta ribuan tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh Muhammadiyah.

"Perlu kami sampaikan kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW serta 1.300 tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh yang pernah terlibat di era reformasi, termasuk tokoh-tokoh Muhammadiyah agar Pak Amien dari pada tidak diperlakukan tidak baik oleh PAN agar membentuk PAN Reformasi," kata Asri kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/3).

Kabar itu semakin kuat setelah Hanafi Rais mengundurkan diri sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dan kepengurusan DPP PAN 2020-2025 pada Mei 2020.

Pendiri PAN Muhammad Yunus 'membocorkan' tiga nama parpol baru yang akan dibentuk oleh Amien Rais. Menurutnya, tiga opsi nama itu masih didiskusikan untuk dipilih hingga saat ini.

"Soal nama partai, masih diskusi terus. Ada Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, (dan) PAN Reformasi. Belum bulat soal nama partai," kata Yunus saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Jumat (8/5).

(mts/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK