Gubernur Maluku Akan Turunkan Baliho Paslon Tanpa Masker

sai, CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 14:20 WIB
Baliho pasangan calon di Pilkada 2020 di Maluku, dan juga para pejabat, akan diturunkan jika memajang foto tanpa masker. Ilustrasi pembersihan baliho. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ambon, CNN Indonesia --

Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku bakal melakukan pembersihan sejumlah baliho pasangan calon di Pilkada 2020 maupun para pejabat yang tak mengenakan masker.

"Kalau ada baliho ucapan yang tak pakai masker segera diturunkan, termasuk baliho saya," kata Murad, saat bicara dalam kampanye pencegahan Covid-19 terkait Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Pilkada 2020 yang Aman dan Sehat, di Ambon, Maluku, Kamis (10/9).

"Baliho Gubernur, Wakil Gubernur, paslon, Bupati Wali Kota, Sekda, Anggota DPRD, Kapolda dan Pangdam segera diturunkan kalau tak pakai masker," imbuh dia.


Per Kamis (10/9), katanya, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mulai melakukan pembersihan baliho tanpa masker sepanjang jalan utama di Kota Ambon Maluku.

Hal ini, kata Murad, sudah disepakati Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Dinas Komunikasi Informastika dan Persandian (Infokom).

Kebijakan penurunan baliho tanpa masker itu, kata dia, bertujuan untuk memberi keteladanan agar masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Pantauan CNNIndonesia.com, terdapat baliho para tokoh tanpa mengenakan masker di jalan utama Kota Ambon, seperti jalan Sultan Hairun, Jalan Pattimura, Jalan Ay Patty, dan Jalan AM Sangaji.

Di antaranya, baliho yang menampilkan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Wali Kota dan Wakil Kota Ambon, Sekertaris Daerah Kota Ambon, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, dan Kapolda Maluku. Selain itu, ada baliho para pejabat, partai politik, LSM, Anggota DPRD Maluku.

Infografis Pilkada Serentak 2020 di Tengah Covid-19Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen

Sebelumnya, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi meminta setiap bakal paslon dalam Pilkada 2020 memberikan contoh yang baik dalam pelaksanaan pemilu.

Bentuknya, memakai masker, tidak membuat kerumunan dalam kegiatan pilkada serentak. J ika calon pemimpin memberikan contoh baik, kata dia, maka masyarakat pun akan mengikutinya.

"Para calon pemimpin ini juga harus memberi contoh kepada masyarakat, kalau para calon pemimpin memberi contoh saya yakin konstituennya akan mengikuti, sehingga tidak terjadi penularan," ujarnya dalam dialog Klaster Pilkada dan Antitipasi Mencegah Penyebaran Covid-19 di Kanal YouTube BNPB, Kamis (10/9).

(arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK