Rindu Ilham Habibie saat Kenang Setahun Kepergian Sang Bapak

CNN Indonesia
Sabtu, 12 Sep 2020 07:53 WIB
Setahun kepergian Habibie, Ilham Akbar Habibie mengungkapkan masih ingat betul setiap pesan dan nilai-nilai yang dicontohkan oleh sang ayah. Ilustrasi: Ilham Akbar Habibie mengungkapkan kerinduan akan kehadiran sang ayah. Habibie dikenang sebagai sosok yang seringkali memberikan nasihat penuh semangat dan inspiratif. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tepat setahun wafatnya Bacharuddin Jusuf Habibie, pelbagai kenangan masih menetap di benak Ilham Akbar Habibie. Sulung Habibie ini masih ingat betul setiap pesan dan nilai-nilai yang ditinggalkan sang ayah.

Ilham mengungkapkan kerinduannya itu pada acara mengenang satu tahun kepergian Presiden Ketiga Republik Indonesia tersebut.

"Kita semua, termasuk saya sendiri sangat rindu dengan kehadiran bapak di antara kita, dengan pidato-pidato beliau yang penuh semangat, memberikan motivasi kepada kita semua dan selalu inspratif," ungkap Ilham dalam acara mengenang satu tahun wafatnya Bachruddin Jusuf Habibie, Jumat (11/9) malam.

Ilham menambahkan, laku Habibie yang penuh cinta kasih semasa hidup juga jadi pelajaran tersendiri baginya. Bukan saja kepada istri dan keluarga, menurut Ilham, cinta Habibie juga tercurah pada bangsa dan negara.

"Juga dengan sikap dan karakter bapak yang tidak membedakan antar kelompok, suku, agama, seluruh manusia sama di mata bapak. Itu sikap yang kita semua, saya termasuk sangat rindukan," ucap dia.

Pada momen tersebut ilham menuturkan, peringatan setahun wafatnya Habibie yang dilaksanakan dengan kondisi berbeda di tengah pandemi ini, sama sekali tak mengurangi kekhusyukan acara.

"Inshaallah doa kita tidak mengurangi tetap diterima Allah sehingga bisa mendampingi bapak di alam barzah," kata dia.

Infografis Jejak Tangan Dingin BJ HabibieFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Infografis Jejak Tangan Dingin BJ Habibie

Presiden ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia pada 11 September 2019 lalu. Ia berpulang pada usia 83 tahun, setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Habibie dimakamkan persis di samping pusara sang istri, Ainun di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Semasa hidupnya, Habibie tidak hanya dikenal sebagai tokoh politik, tetapi juga sosok yang memberi sumbangan pemikiran jenius. Terutama di bidang penerbangan.

(ygi/NMA)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER