Maju Pilwalkot Pasuruan 2020, Gus Ipul Pamit ke Khofifah

CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 21:34 WIB
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan siap mendukung program Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jika terpilih menjadi wali kota Pasuruan. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan siap mendukung program Khofifah jika terpilih menjadi wali kota Pasuruan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Surabaya, CNN Indonesia --

Bakal calon wali kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah berpamitan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk maju dalam kontestasi Pilkada Pasuruan 2020.

Gus Ipul juga mengaku siap mendukung segala program Khofifah, jika dirinya terpilih menjadi wali kota Pasuruan.

"Saya pamit sama Ibu Gubernur, saya terima kasih atas dukungannya, saya pamit dari pramuka. Saya Insya Allah akan siap bekerjasama mendukung semua program Ibu Gubernur yang terkait dengan memajukan dan memakmurkan masyarakat," kata dia, usai launching East Java Scout Innovation di Surabaya, Selasa (15/9). 


Mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode itu juga mengaku sudah bersilaturahim dengan basis massa Khofifah, yakni Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Pasuruan. 

"Mudah-mudahan, saya sudah sowan, ke ketua Muslimat dan Pengurus Muslimat Kota Pasuruan lainnya untuk meminta nasihat dan saran, minta doa restu," ucapnya. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai bertemu Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/6).Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Gus Ipul tak menargetkan jumlah persentase kemenangan di Kota Pasuruan. Ia hanya menyatakan akan bekerja keras untuk memperoleh mandat dari rakyat. 

"Ya sebisa mungkinlah, kita enggak punya target, tapi kita bekerja keras untuk memperoleh mandat dari rakyat, berusaha sekuat tenaga," ujarnya.

Gus Ipul sendiri pernah bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Namun, saat itu pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno, berhasil dikalahkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Kini, Gus Ipul memutuskan untuk maju di Pilkada Kota Pasuruan 2020 bersama wakilnya Adi Wibowo. Mereka telah mengantongi dukungan dari lima partai, antara lain PKB, Golkar, PKS, PAN dan PPP.

Mereka bakal menantang petahana Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo-Hasjim Asjari, yang diusung koalisi empat partai. Yakni PDIP, Hanura, NasDem dan Gerindra.

(frd/pmg)

[Gambas:Video CNN]