RK Gandeng Ade Londok untuk Promosi UMKM Kuliner Jabar

Pemprov Jawa Barat, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 18:17 WIB
Ridwan Kamil pun mengingatkan Ade Londok untuk lebih memperhatikan tata bahasa dalam video berikutnya. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi Odading Mang Oleh sekaligus bertemu Ade Londok, di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Bandung, Rabu (16/9). (Foto: Pipin/Humas Jabar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berencana menggandeng Ade Londok untuk menjadi duta promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner di Jabar.

Ade Londok populer ketika videonya yang menayangkan dirinya memakan panganan Odading Mang Oleh jadi viral. Saat itu, ia mempromosikan santapannya dengan menggebu-gebu dan disisipi kalimat berbahasa Sunda.

Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, aksi Ade Londok yang viral di media sosial berhasil mengangkat nama dan penjualan Odading Mang Oleh yang mengambil lokasi berjualan di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Bandung secara signifikan. Disebutkan, sejak viral pembeli harus rula mengantre untuk mendapatkan panganan tersebut, bahkan hingga mengular ke pinggir jalan.


"Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar," ujar Emil saat mengunjungi Odading Mang Oleh sekaligus bertemu Ade Londok, di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Bandung, Rabu (16/9/20).

Emil menilai, cara promosi unik Ade Londok berhasil mencuri perhatian masyarakat. Ia mengingatkan agar di video berikut, Ade Londok lebih berhati-hati dalam berucap.

"Beliau bisa membuat satu produk menjadi terkenal salah satunya dengan skill bahasa, tapi saya titip ke depan bahasanya harus lebih sopan ya," ucap Emil.

Untuk mendukung Ade Londok mempromosikan UMKM kuliner Jabar melalui media sosial, Emil memberi hadiah berupa gawai. Menurut Emil ide itu didapat dari aspirasi seseorang.

"Dibuka isinya (kotak bingkisan), bisi (barangkali) isinya odading," kelakar Kang Emil saat menyerahkan bingkisan pada Ade Londok.

Sambil mendekap kotak tersebut, Ade Londok pun mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil. "Hatur nuhun yang terhormat Bapak Ridwan Kamil. Sing sehat, aya dina keberkahan (yang sehat, semoga selalu ada dalam keberkahan)," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Emil tak lupa mengingatkan warga untuk mengantri membeli dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak dan memakai masker.

(rea)