SECRET AT NEWSROOM

LIVE: Lonceng Kematian Para Nakes

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 09:21 WIB
Secret at Newsroom Episode 9: Lonceng Kematian Para Nakes akan ditayangkan livestreaming pada Kamis (17/9) pukul 19.00 WIB di CNNIndonesia.com. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Enam bulan Indonesia digerus pandemi corona, beban berat kian terasa di garda terdepan penanganan, yaitu para petugas kesehatan.

Data IDI per 13 September mencatat 115 dokter meninggal karena Covid-19. Dari jumlah itu, 60 di antaranya merupakan dokter umum, 53 dokter spesialis, dan dua dokter residen. Ini belum termasuk puluhan perawat yang juga menjadi korban jiwa dalam perang melawan virus corona.

Catatan kematian dokter terbanyak berada di Jawa Timur yaitu 29 dokter, Sumatera Utara 21 dokter, DKI Jakarta 15 dokter, Jawa Barat 11 dokter, Jawa Tengah 8 dokter, Sulawesi Selatan 6 dokter.


Beberapa faktor dinilai menjadi penyebab tingginya angka kematian dokter dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya, salah satunya adalah burnout atau kelelahan bekerja.

Studi terbaru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menunjukkan semua tenaga kesehatan mengalami burnout atau gejala yang timbul karena stresor dan konflik di tempat kerja seperti kelelahan emosi, kehilangan empati, dan berkurangnya rasa percaya diri. Sebanyak 83 persen tenaga kesehatan mengalami gejala sedang hingga berat.

Ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang melindungi dari paparan virus corona juga dianggap berkontribusi pada kematian tenaga kesehatan. Saat ini berdasarkan, temuan studi FKUI, masih terdapat 2 persen tenaga kesehatan yang tidak mendapatkan APD.

Bagi Indonesia, kehilangan dokter dan perawat juga membuat 300 ribu rakyat terancam kehilangan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Indonesia, rasio saat ini adalah empat dokter melayani sekitar 10 ribu penduduk. Jumlah ini merupakan yang terendah kedua di Asia Tenggara. Bahkan, rasio dokter spesialis di Indonesia juga rendah, hanya 0,13 persen per 1.000 penduduk.

Untuk merespons isu itu, CNNIndonesia.com akan mengadakan diskusi Secret at Newsroom (Setroom): Lonceng Kematian Para Nakes yang ditayangkan live streaming Kamis (17/9) pukul 19.00 WIB

Diskusi kali ini akan menampilkan narasumber:

1. Adib Khumaidi (Ketua Tim Mitigasi PB IDI)
2. Hermawan Saputra (Epidemiolog IAKMI)
3. Emil Dardak (Wakil Gubernur Jatim)
4. dr Joni Wahyuhadi (Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas Penanganan Covid-19)

(vws/vws)