Baru 10 Hari Beroperasi, Tower 5 Wisma Atlet Hampir Penuh

CNN Indonesia | Minggu, 20/09/2020 14:10 WIB
Baru beroperasi selama 10 hari, Tower 5 Wisma Atlet untuk isolasi pasien Covid-19 sudah hampir penuh atau terisi 91,84 persen. Foto ilustrasi. Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru beroperasi selama 10 hari, Tower 5 Wisma Atlet sudah hampir penuh. Tower tersebut sebelumnya disiapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 untuk isolasi mandiri pasien positif virus Corona (covid-19) Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sejak beroperasi pada Jumat (11/9), Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien.

"Itu sekaligus menunjukkan tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri telah mencapai 91,84 persen total kapasitas 1.570 tempat tidur," demikian pernyataan dari rilis Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19.


Demi mengantisipasi lonjakan tajam, Satgas melakukan upaya perbaikan dan persiapan Tower 4 Wisma Atlet untuk digunakan sebagai tempat isolasi pasien dengan kondisi OTG.

Masih berdasarkan keterangan rilis Satgas, disebutkan bahwa Tower 4 Wisma Atlet ditargetkan dapat digunakan pada pekan depan.

"Tingkat kapasitas tower 4 mampu menampung sebanyak 1.546 tempat tidur," dikutip dari rilis tersebut, Minggu (20/9).

Dengan tersedianya Tower 4 Wisma Atlet pada pekan depan, total tempat tidur yang tersedia di Flat Isolasi Mandiri, baik tower 4 dan 5 ada sebanyak 3.116 tempat tidur.

Sementara itu, di RS Darurat Covid-19, yang letaknya bersebelahan dengan Flat Isolasi Mandiri, dijelaskan, saat ini masih tersedia 582 tempat tidur.
Adapun rinciannya adalah 311 tempat tidur di Tower 6 dan 271 tempat tidur di Tower 7.

"Tingkat hunian di RS Darurat Covid-19, sudah mencapai hampir 80 persen pada hari ini dari total 2.878 kapasitas tempat tidur yang tersedia di sana," dijelaskan dalam rilis tersebut.

Diketahui, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo sebelumnya meminta pemerintah provinsi DKI Jakarta tak menggunakan Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) untuk mengisolasi mandiri pasien covid-19.

Doni mengatakan, pemerintah telah menyediakan flat isolasi mandiri di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran hingga hotel untuk isolasi pasien.

"Kami sampaikan pesan ke Gubernur DKI agar sementara tidak gunakan tempat-tempat, GOR, balai, yang mungkin kualitasnya tidak begitu memadai sehingga kenyamanan masyarakat yang mendapat perawatan ini akan lebih maksimal," ucap Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

Doni memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan di tower 4 dan 5 Wisma Atlet serta sejumlah hotel bintang dua dan tiga untuk isolasi pasien. Nantinya pasien covid-19 yang diisolasi akan mendapat rekomendasi terlebih dulu dari puskesmas atau layanan kesehatan setempat.

"Kami sudah sampaikan pesan ke DKI, apabila flat empat dan lima tidak mencukupi, kami siapkan hotel-hotel di wilayah terdekat sehingga kekhawatiran masyarakat tentang penuhnya ruang isolasi kami carikan solusinya," tutur Doni.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]