25 Kabupaten/Kota Catat Tingkat Kesembuhan Covid 100 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 17:46 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 mencatat 25 kabupaten/kota yang tersebar di 10 provinsi berhasil menorehkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 hingga 100 persen. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat ada 25 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki tingkat kesembuhan pasien Covid-19 hingga 100 persen.

"Di tingkat kabupaten kota dari total 514 kabupaten/kota hampir 70 persen memiliki persentase kesembuhan di atas 50 persen. Selain itu terdapat 25 kabupaten/kota dengan persentase kesembuhan 100 persen," kata juru bicara Satgas Covid-19 Wiku dalam konferensi pers via YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/7).

Ke-25 daerah dengan tingkat sembuh 100 persen itu tersebar di 10 provinsi yaitu Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, NTT, dan Papua.


Provinsi Bengkulu ada tiga kabupaten dengan angka sembuh 100 persen, diantaranya Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, dan Kaur.

Lalu di Provinsi Jambi, yaitu Merangin dan Tanjung Jabung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat dua kabupaten dengan angka sembuh 100 persen yaitu Belitung dan Belitung Timur.

Kemudian di Kalimantan Barat terdapat 4 kabupaten, yaitu Kapuas Hulu, Kayong Utara, Sanggau, dan Sekadau.

Provinsi Sulawesi Tengah ada satu kabupaten mencatat kesembuhan 100 persen yakni Banggai Kepulauan. Sama halnya dengan Sulawesi Utara mencatat satu kabupaten yaitu Bolaang Mongondow Selatan.

Provinsi Maluku mencatat dua kabupaten diantaranya Buru Selatan dan Seram Bagian Timur. Sementara di Maluku Utara satu kabupaten yaitu Pulau Taliabu. Provinsi Papua mencatat tiga kabupaten yaitu Sarmi, Waropen, dan Mamberano Tengah.

Daerah terbanyak yang mencatat angka sembuh 100 persen ada di Provinsi NTT. Tercatat enam daerah, diantaranya Lembata, Nagekeo, Rote Ndao, Sumba Barat, Timor Tengah Utara, Sikka.

Namun Wiku kembali mengingatkan agar pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten/kota tersebut tetap siaga dan mematuhi protokol kesehatan supaya tingkat kesembuhan bisa bertambah, dan angka kasus berkurang.

"Kami mengapresiasi capaian ini dan hal ini menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat berkontribusi terhadap peningkatan angka kesembuhan, kembali jangan berpuas diri dan tetap disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Data nasional per 24 September mencatat akumulasi kasus positif sebanyak 262.022 kasus. Dari jumlah itu 191.853 orang dinyatakan sembuh dan 10.105 orang meninggal dunia.

(mel/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK