Wishnutama Tinjau Kesiapan Hotel untuk Isolasi OTG Covid-19

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 17:54 WIB
Secara umum pelaksanaan persiapan hotel isolasi sudah baik, dari segi kualitas makanan serta layanan kamar yang juga bagus. Secara umum pelaksanaan persiapan hotel isolasi sudah baik, dari segi kualitas makanan serta layanan kamar yang juga bagus. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio meninjau kesiapan hotel yang akan menjadi lokasi isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala (gejala ringan).

Ini merupakan program reaktivasi industri perhotelan yang dijalankan Kemenparekraf guna menekan penyebaran Covid-19.

Salah satu hotel yang direkomendasikan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan telah dicek kesiapannya oleh Kementerian Kesehatan adalah Ibis Styles Mangga Dua, Jakarta.


"Protokol kesehatan harus dijalankan agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan atau bahkan menjadi klaster baru sehingga kita bisa memasuki era adaptasi kebiasaan baru lebih baik lagi," ujar Wishnutama dalam keterangan resminya, Jumat (25/9).

Dengan dukungan tambahan hotel sebagai akomodasi isolasi mandiri tersebut, ke depannya pasien konfirmasi tanpa gejala dan dengan gejala ringan diharapkan tidak melakukan isolasi mandiri di rumah supaya tidak berpotensi menularkan kepada keluarga maupun orang sekitar.


Telah Memenuhi Syarat

Sementara itu, Kasubdit Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr. Benget Saragih menilai pihak hotel telah memenuhi syarat untuk menjadi tempat isolasi.

"Kementerian Kesehatan sampai saat ini sudah melakukan kunjungan ke 23 hotel yang siap untuk menjadi lokasi isolasi, dan akan terus dilakukan proses verifikasi ke hotel lainnya," kata Benget.

Senada, Wishnutama juga mengapresiasi pihak hotel yang telah siap menjalankan prosedur yang disyaratkan Kementerian Kesehatan.

"Secara umum pelaksanaan persiapannya sudah baik dan siap untuk menjalankan program ini. Kita lihat juga kualitas makanan, kamar juga bagus. Dengan kondisi servis yang baik ini, orang yang sakit secara psikologis akan lebih cepat sembuh," kata Wishnutama.

(fef)

[Gambas:Video CNN]