Cegah Klaster Pengungsi, DPRD Minta Anies Antisipasi Banjir

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 11:26 WIB
DPRD DKI Jakarta menyebut sulit menerapkan protokol kesehatan di kamp pengungsi banjir, sehingga harus ada antisipasi dari Pemprov DKI mencegah banjir. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Screenshot via Twitter/@aniesbaswedan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi memperingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tetap awas terhadap antisipasi banjir.

Antisipasi banjir, kata Prasetio, harus turut menjadi prioritas meski di tengah penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

"Antisipasi banjir tetap diperhatikan. Jangan kita lepas pengendalian soal banjir meski di tengah pandemi COVID-19 karena keduanya sama-sama bahayanya," kata Prasetio kepada CNNIndonesia.com, Senin (28/9).


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akhir pekan lalu memprediksi kawasan Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan intensitas lebat beberapa hari ke depan. BMKG juga memperingati akan bahaya banjir hingga puting beliung.

Prasetio mengatakan, pencegahan banjir pun perlu dilakukan untuk menghambat penyebaran Covid-19 yang lebih besar. Dengan antisipasi banjir, tidak perlu lagi ada korban yang mengungsi di tengah pandemi.

"Bayangkan bagaimana kalau di pengungsian lagi masa Covid begini. Jaga jarak 3M? Mana mungkin bisa, kita realistis saja. Malah semakin rawan," terang Prasetio.

"Jangan sampai ada klaster pengungsian setelah ada banjir ini. Saya ingatkan jangan sampai ada," tegas dia.

Dari segi penanganan banjir, Prasetio meminta DKI untuk mengoptimalkan dana pinjaman DKI ke pemerintah pusat sebesar Rp12,5 triliun.

DKI meminjam dana sebesar Rp12,5 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Pinjaman tersebut dialokasikan untuk tahun 2020 dan 2021 dengan beberapa program prioritas seperti banjir, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Dengan dana tersebut, Prasetio berharap agar DKI bisa lebih cepat bekerja untuk antisipasi dan tetap mempersiapkan penanganan banjir.

"Dengan ketersediaan anggaran, sudah saatnya Pak Gubernur memperbaiki manajemen, standar prosedur untuk penanggulangan banjir," tutup dia.

(ctr/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK