Mantu Jokowi Janji Buat Medan Jadi Paris van Soematra Lagi

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 04:35 WIB
Menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution ingin mengembalikan nlai-nilai historis yang dulu pernah dimiliki Medan. Menantu Presiden Jokowi yang juga calon wali kota Medan, Bobby Nasution bertekad membuat Medan kembali menjadi Paris van Soematra jika menang pilkada (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon Bobby Nasution-Aulia Rachman ingin mengembalikan identitas Kota Medan sebagai Paris van Soematra jika menang di Pilkada 2020.

Mengutip berkas visi misi, Bobby yang juga menantu Presiden Jokowi itu menuangkan rencana tersebut dalam program prioritas Medan Beridentitas. Dia bertekad membuat Kota Medan yang beradab, santun, harmonis, toleran, dalam kemajemukan demokratis dan cinta tanah air.

"Pembangunan destinasi wisata terintegrasi: revitalisasi nilai historis Paris van Soematra Kota Medan," tulis Bobby-Aulia dalam dokumen visi-misi mereka.


Merujuk situs kebudayaan.kemendikbud.go.id, julukan Paris van Soematra diberikan oleh para orang Belanda yang tinggal di Medan atau dulu bernama Deli. Orang-orang yang menyebut dirinya Deliaan itu memiliki impian untuk membangun Medan menjadi kota yang seindah dan seromantis Paris di Prancis.

Saat masa penjajahan, Medan disebut menjadi kota yang asri dengan gedung-gedung segar berwarna putih di tengah petak-petak rumput hijau. Namun julukan Paris van Soematra mulai terlupakan setelah penyerahan kedaulatan.

Selain mengembalikan Medan sebagai Paris-nya Sumatera, Bobby-Aulia juga menjanjikan sejumlah revitalisasi situs budaya. Mereka hendak merevitalisasi Kota Lama Kesawan dan Lapangan Merdeka.

Pasangan penantang ini juga berniat membangun Segitiga Budaya Kota Medan, Kawasan Terintegrasi Kota Tua, Masjid Otsmani, Kota Cinna, dan Wisata Religi Danau Sihombak.

Hal lain yang dijanjikan dalam program "Medan Beridentitas" adalah mewujudkan Medan sebagai kota dagang internasional, pusat budaya Kota Medan, festival kemajemukan, serta Medan sebagai pusat kuliner Asia Tenggara.

Di Pilkada Serentak 2020, Bobby-Aulia disokong PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PSI, Hanura dan PPP.

Mereka akan berhadapan dengan paslon petahana Akhyar Nasution-Salman Alfarisi yang didukung koalisi Demokrat-PKS. Akhyar saat ini masih menjabat sebagai Plt Wali Kota Medan.

Kedua paslon sudah dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pembagian nomor urut juga sudah dilakukan. Akhyar-Salman mendapat nomor urut 1, Bobby-Aulia mendapat nomor urut 2.

(fnr/dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]