Anies Kibarkan Bendera Setengah Tiang Peringati G30S

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 12:38 WIB
Balai Kota Jakarta mengibarkan bendera setengah tiang memperingati peristiwa G30S dan akan menaikkan bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengibarkan bendera setengah tiang di halaman Balai Kota DKI Jakarta untuk memperingati peristiwa 30 September 1965 (G30S).

"Iya (ada pengibaran bendera) setengah tiang," kata Kepala Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin saat dikonfirmasi, Rabu (30/9).

Budi juga mengatakan Pemprov DKI turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (1/10). Menurut Budi, bendera akan kembali akan dinaikkan satu tiang penuh.


"Iya, memperingati hari Kesaktian Pancasila," ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 86491/MPK.F/TU/2020.

Surat tersebut meminta seluruh instansi pemerintahan, baik pusat dan daerah di seluruh Indonesia menyelenggarakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020.

Dalam surat itu Nadiem mewajibkan menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Selain itu, Nadiem mewajibkan kepala daerah atau forum koordinasi pimpinan daerah mengikuti upacara secara virtual.

Kemudian, Nadiem menginstruksikan agar setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020.

(dmi/wis)

[Gambas:Video CNN]