Jokowi: Negara Kita Diuji Tak Alang-Kepalang Pandemi Covid-19

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 09:01 WIB
Dalam ucapannya memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi mengatakan tantangan terbesar saat ini adalah menghadapi pandemi Covid-19. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (CNNIndonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 melalui akun Instagram pribadainya.

Dalam keterangan yang mengiringi gambar ucapan 'Selamat Hari Kesaktian Pancasila', Jokowi mengatakan bangsa Indonesia memiliki tantangan di setiap zaman dan berbeda-beda. Ia pun membandingkannya dengan kondisi saat ini, di mana Indonesia sedang diuji pandemi virus corona (Covid-19).

"Setiap era dan zaman selalu datang dengan tantangannya sendiri. Bagi bangsa Indonesia, tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi," kata Jokowi dikutip dari akun resminya @jokowi, Kamis (1/10).


"Dan sekarang, negara kita ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang: pandemi Covid-19," lanjut Jokowi.

Namun, kata Mantan Wali Kota Solo ini, semua tantangan selalu dapat dilalui bangsa Indonesia. Termasuk dengan tantangan mengenai pandemi yang harus dilawan dengan persatuan masyarakat.

"Semua tantangan itu selalu dapat kita lewati dan kita menangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila," tutup dia.

Pagi tadi, Jokowi telah menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kesaktian Pancasila, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara peringatan dilakukan terbatas yang dihadiri oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani

Kemudian hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Seluruh pejabat yang hadir dan anggota yang bertugas dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila ini pun memakai masker lengkap. Mereka juga menjaga jarak melaksanakan protokol kesehatan.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Video CNN]




(ctr/kid)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK