Kemenag Klarifikasi Umrah 1 November: Belum Pasti

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 15:42 WIB
Kementerian Agama menyatakan masih menunggu pengumuman dan izin resmi dari Arab Saudi terkait keberangkatan jemaah umrah Indonesia 1 November 2020. Kemenag menyatakan jemaah umrah bisa masuk Arab Saudi pada 1 November belum pasti karena masih menunggu izin resmi dari otoritas setempat. . (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali mengklarifikasi pernyataannya soal kepastian keberangkatan umrah bagi jemaah Indonesia. Dia berkata keberangkatan umrah jemaah umrah Indonesia ke Arab Saudi mulai 1 November 2020, belum bisa dipastikan.

Keberangkatan jemaah umrah Indonesia disebutnya masih menunggu pengumuman dan izin resmi Pemerintah Arab Saudi.

"Belum ada kepastian terkait izin keberangkatan jemaah umrah Indonesia. Kita masih menunggu dan berkoordinasi dengan pihak perwakilan di KJRI Jeddah," kata Nizar dalam keterangan resminya, Kamis (1/10).


Nizar menyebut pemerintah Saudi memang akan membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah dalam tiga tahap. 

Tahap pertama akan dilakukan pada 4 Oktober 2020. Tahap ini hanya diperbolehkan bagi jamaah yang tinggal di Arab Saudi dengan jumlah 30 persen kapasitas sesuai dengan protokol Masjidil Haram.

Lalu, tahap kedua dimulai pada 18 Oktober umrah dilakukan dengan kapasitas 75 persen dan khusus bagi jamaah yang tinggal di Arab Saudi.

Sementara di tahap ketiga atau pada 1 November, Nizar menyatakan Saudi mengizinkan jemaah dan pengunjung dari luar negeri melaksanakan ibadah umrah.

Tahap tiga ini memungkinkan Masjidil Haram bisa menampung 100 persen dari kapasitasnya. Namun, ia menjelaskan sampai saat ini belum ada informasi resmi yang disampaikan Saudi berkenaan izin keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia. 

"Kemenkes Saudi nanti akan merilis daftar negara dari luar kerajaan yang diizinkan masuk atau memberangkatkan jemaah," kata dia.

Nizar sebelumnya menyatakan bahwa calon jemaah Indonesia bisa kembali melaksanakan ibadah umrah mulai 1 November 2020. Hal tersebut berdasarkan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang kembali membuka ibadah umrah bagi jamaah dari luar negeri mulai 1 November 2020.

"Kalau 1 November itu bisa. Kalau Indonesia kan enggak termasuk dalam negara yang tak diperbolehkan [masuk ke Arab]. Kan berarti boleh," kata Nizar.

Terpisah, Konsul Haji KJRI Jeddah menambahkan Saudi telah merilis tiga negara yang sementara ini tidak diizinkan masuk ke sana untuk penerbangan non umrah, yaitu India, Brazil, dan Argentina.

Karena itu, Konsul Haji KJRI Jeddah masih menunggu keputusan resmi dari Saudi negara mana saja yang diizinkan untuk mengirim jemaah umrah

"Semoga Indonesia termasuk yang diizinkan untuk memberangkatkan jemaah umrah pada 1 November mendatang," tulis Konsul Haji KJRI Jeddah.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]