Cegah Bencana saat Pandemi, Satgas Ajak Warga Lestarikan Alam

Satgas Covid-19, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 19:01 WIB
Perilaku baik ini dapat memperkecil risiko kerusakan alam sehingga mencegah bencana alam di tengah situasi pandemi. Perilaku baik ini dapat memperkecil risiko kerusakan alam sehingga mencegah bencana alam di tengah situasi pandemi. (Foto: CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua #SatgasCovid19 Doni Monardo meminta masyarakat untuk membantu melestarikan alam dan lingkungan. 

Tindakan ini dapat mencegah risiko penularan Covid-19 di tengah ancaman bencana alam. Salah satunya, ancaman bencana karena dampak La Nina yang membayangi penanganan Covid-19. 

"Ini bisa menjadi baik dengan memanfaatkan sebagian waktu keluar rumah, karena selama ini terus menerus di dalam rumah karena pandemi, untuk merawat lingkungan dan merawat alam," ujar Doni dalam talkshow 'Mengantisipasi Bencana Hidrometeorologi', Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/10).


Ia menyebutkan perilaku baik ini memperkecil risiko kerusakan alam sehingga dapat membantu mencegah bencana. Bencana alam di tengah pandemi ini tentunya sangat meresahkan karena rawan penularan.


Perkuat Mitigasi Bencana

Selain itu, Doni meminta memperkuat mitigasi masyarakat di kawasan rentan bencana. Misalnya, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, harus komunikasi dengan masyarakat di kawasan hulu. Sama halnya juga masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Kabupaten Bogor sendiri memiliki banyak wilayah rawan. Karenanya, ia meminta proses mitigasi dan komunikasi semakin digencarkan.

"Kalau kawasan rawan itu ada banyak karena kontur tanah Kabupaten Bogor itu miring seperti di Bogor bagian timur, barat, dan selatan ada beberapa. Kalau di kawasan utara itu cenderung landai," jelasnya.

Namun protokol kesehatan atas kegiatan apa pun tetap harus berlaku. Protokol tersebut adalah #ingatpesanibu untuk #pakaimasker, #cucitangan, dan #jagajarak hindari kerumunan.

(ayo/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK