Klaster STIP Bertambah, 39 Taruna Positif Covid-19

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 19:31 WIB
Jumlah taruna yang positif Covid-19 di STIP Jakarta menjadi 39 orang, sebagian bergejala ringan sementara separuh lainnya orang tanpa gejala. Ilustrasi. RSD Wisma Atlet Kemayoran. Jumlah taruna yang positif Covid-19 di STIP Jakarta menjadi 39 orang, sebagian bergejala ringan sementara separuh lainnya orang tanpa gejala. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 39 taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Jumlah ini bertambah selang lima hari, dari yang sebelumnya 16 orang pada Kamis (15/10)

Puluhan mahasiswa itu kemudian diboyong ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta untuk menjalani perawatan dan karantina mandiri.

Temuan kasus positif di lingkungan pendidikan sekolah tinggi itu ditemukan sejak Kamis (15/10) lalu. Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Muhammad Arifin mengatakan puluhan taruna yang positif Covid-19 mengalami gejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG), sehingga seluruhnya akan dirawat di Tower 5.


"Sudah bertambah jadi 39 taruna per hari ini, jadi sengaja dikumpulkan jadi satu penanganan di lantai 24 Tower 5 Wisma Atlet," kata ARifin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (20/10).

Arifin menambahkan, kondisi 39 taruna STIP itu terpantau dalam keadaan baik. Kendati demikian, ia menegaskan 50 persen taruna positif Covid-19 dengan gejala ringan dan 50 persen lainnya OTG.

Lebih lanjut, Arifin mengaku telah menyerahkan upaya pemeriksaan dan penelusuran kontak erat ke pihak kampus. Menurut dia, setidaknya ada 400 mahasiswa yang telah menjalani pemeriksaan cepat massal atau rapid test antigen.

Dihubungi terpisah, Manajer Humas STIP Jakarta Marzuki mengatakan tengah men-disinfeksi seluruh area kampus. Selain itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan untuk kepentingan pemeriksaan dan penelusuran kontak erat.

"Terkait kejadian sejumlah taruna STIP yang terpapar, saat ini telah dilakukan tindakan medis oleh tim kesehatan Klinik Utama STIP sesuai dengan standar operasional yang telah di tentukan," kata Marzuki melalui pesan singkat.

Kendati demikian, Marzuki belum membeberkan detail jumlah mahasiswa yang terlibat aktivitas perkuliahan secara tatap muka. Ia juga tak menyebutkan alasan mengapa pihaknya sudah membuka kembali kegiatan belajar tatap muka, padahal sekolah dan perkuliahan di Jakarta masih memberlakukan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Infografis Area yang harus Dibersihkan dan Disinfeksi di RumahFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Area yang harus Dibersihkan dan Disinfeksi di Rumah

Sebelumnya, kasus positif Covid-19 di lingkungan perguruan tinggi juga terjadi di Sekolah Asrama Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ). Temuan kasus ini mengemuka pada awal Oktober lalu dengan sumbangan total kasus positif 244 mahasiswa.

Sampai saat ini, klaster PTIQ masih dalam pemantauan dan sebagian di antaranya masih menjalani perawatan dan isolasi di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

(khr/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK