Anies Buka 16 Taman Kota di Jakarta selama PSBB Transisi

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 09:02 WIB
Taman-taman kota yang dibuka kembali Pemprov DKI Jakarta tak berada di zona merah. Para pengunjung diminta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Gubernur DKI Anies Baswedan kembali membuka 16 taman kota selama PSBB transisi. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan membuka 16 taman kota selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang dimulai sejak 12 Oktober lalu.

"Sebanyak 16 taman akan dibuka kembali di seluruh Jakarta dengan memenuhi ketentuan yang berlaku pada masa transisi ini tentunya," kata Anies lewat instagram, Kamis (22/10).

Anies mengatakan belum semua taman kota di Jakarta dibuka. Taman kota yang dibuka ini tak berada di zona merah. Pengunjung juga dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas.


"Taman kota yang dibuka dipilih berdasarkan ketentuan seperti tidak berada di zona merah, memenuhi prosedur tetap, akses mudah dijangkau," jelas dia.

Taman-taman yang dibuka kembali antara lain, Taman Lapangan Banteng, Taman Cattleya, Taman Green Garden, Taman Jalur Hijau Kosambi, Taman Delonix, Taman Apung, Taman PPA, Taman Piknik.

Kemudian Taman Matraman, Taman Kebagusan I, Taman Tabebuya, Taman Swadarma, Taman Gandaria Tengah, Taman Sungai Kendal, Taman Sarang Bango, dan Taman Bintaro.

Masyarakat yang hendak berkunjung ke taman-taman tersebut wajib memakai masker dan membawa hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu, mengisi daftar hadir di taman.

Pengunjung juga wajib mencuci tangan, mengikuti arah tempuh terakhir, dam menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Pemerintah provinsi DKI melarang menggunakan tempat duduk dan sarana olahraga di taman tersebut dan membuat kegiatan yang mengundang kerumunan massa.

Selain itu anak di bawah usia 9 tahun, ibu hamil, lansia, dan orang dengan penyakit bawaan juga dilarang mengunjungi taman-taman tersebut. Para pengunjung tak diperkenankan membawa motor.

Sebelumnya Anies melonggarkan rem darurat dan kembali menerapkan PSBB transisi mulai 12-25 Oktober 2020. Ia mengklaim terjadi pelambatan kasus penyebaran virus corona di Ibu Kota.

Dengan pelonggaran ini, sejumlah aktivitas yang sebelumnya dilarang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mengizinkan restoran untuk melayani makan ditempat hingga bioskop kembali beroperasi. PSBB transisi ini bisa diperpanjang otomatis selama dua pekan selanjutnya jika kasus Covid-19 belum melandai.

(ctr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK