Buruh Tangerang Mulai Kumpul, Siap Bergerak ke Istana

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 10:33 WIB
Massa buruh di Tangerang mulai berkumpul di sejumlah titik jelang aksi demo tolak Omnibus Law di kawasan Istana Negara, Jakarta. Ilustrasi. Massa buruh kembali demo menolak Omnibus Law. (Foto: CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah buruh dari berbagai serikat di Tangerang, Banten mulai berkumpul di sejumlah titik jelang aksi demonstrasi menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) hari ini, Kamis (22/10).

Mereka akan menggelar demonstrasi di kawasan Istana Negara, tepatnya di Patung Kuda, untuk mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Perppu untuk UU Ciptaker.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, massa buruh yang sudah mulai berkumpul ialah yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Mereka berkumpul di dekat perempatan Jalan Daan Mogot, Tangerang dengan mengendarai kendaraan roda dua dan membawa mobil komando.


Selain FSPMI, sejumlah serikat buruh lainnya juga sudah mulai terlihat berkumpul di jalur menuju Jakarta tersebut.

Aparat gabungan TNI-Polri sendiri sudah terlihat berjaga di sejumlah titik di Jalan Daan Mogot saat ini.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengalihan arus lalu lintas mengantisipasi demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat pada hari ini.

Serikat pekerja lain yang menggelar demo adalah Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak). Titik kumpul Gebrak di Kantor ILO, organisasi buruh internasional, Jakarta Pusat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya sudah mulai menutup jalan menuju Istana sejak Rabu (21/10) malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

"Tetapi jalur busway dan satu lajur di jalan biasa masih bisa dilewati," kata Sambodo saat dikonfirmasi.

Massa buruh diketahui kembali menggelar demo menolak Omnibus Law Ciptaker.

Sebelumnya massa buruh dan mahasiswa juga telah menggelar aksi demo di sejumlah daerah yang berujung ricuh.

(mts/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK