SECRET AT NEWSROOM

LIVE: Jurus 3M dari Sabang Sampai Merauke

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 09:14 WIB
Secret At Newsroom membahas pelanggaran protokol 3M yang terus terjadi akan ditayangkan live streaming, Jumat (23/10) pukul 19.00 WIB di CNNIndonesia.com. Pemerintah tak henti mensosialisasikan 3M sebagai langkah menghentikan penyebaran Covid-19, namun masyrakat masih belum sepenuhnya patuh. Diskusinya akan tayang live di Setroom, Jumat (23/10) pukul 19.00 WIB di CNNIndonesia.com (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 tak henti mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat diminta terus menerapkan kebiasaan #pakaimasker, #jagajarak dan hindari kerumunan, serta #cucitangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Pelanggaran terhadap penerapan protokol kesehatan masih saja ditemukan, meski beberapa daerah sudah menerapkan hukuman berupa denda. Operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan sudah dilakukan secara nasional.

Per Selasa (20/10), di hari ke-36 Operasi Yustisi, Polri telah melakukan lebih dari 7,3 juta tindakan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 67.083 dikenakan sanksi administratif dengan total denda terkumpul lebih dari Rp4 miliar.


Badan Pusat Statistik mencatat 55 persen masyarakat melanggar protokol kesehatan akibat tidak ada sanksi yang mengancam. Selain itu, 39 persen lainnya melanggar karena merasa tidak ada kejadian Covid-19 di lingkungan mereka.

"Masyarakat masih memiliki ketergantungan terhadap sanksi. Jadi, tingkat kesadaran pribadi dan kolektif ini masih belum optimal," ujar Ketua #SatgasCovid19 Doni Monardo kala mengungkapkan sebab banyaknya pelanggaran protokol 3M, Jumat (2/10).

Dosen psikologi UGM Diana Setiyawati menyatakan edukasi sangat diperlukan untuk mengubah persepsi warga masyarakat untuk bisa mematuhi protokol kesehatan. Meyakinkan bahwa menggunakan masker dan selalu cuci tangan untuk melindungi mereka dari paparan dan berisiko tertular sangatlah penting.

"Kita harus meyakinkan diri kita bahwa apa iya pake masker dan cuci tangan bisa membuat saya terlindungi? Kalau sudah takdir bagaimana? Lalu soal persepsi beratnya mematuhi protokol kesehatan, misal pake masker pengap, cuci tangan bikin kulit kering," kata Diana dialnsir dari situs resmi UGM.

Sejumlah penyintas Covid-19 bersaksi tentang bagaimana kelalaian menerapkan protokol kesehatan amat bisa jadi celah masuknya virus Corona ke tubuh seseorang.

Bankir sekaligus pengusaha Arwin Rasyid salah satunya. Ia menduga dirinya terjangkit Covid-19 saat bermain golf bersama kolega di Bali.

"Tiap malam kami kumpul, ada yang ulang tahun dan kami makan. Kemungkinan terjadinya (penularan) di situ," ucap Arwin dalam talk show 'Perjuangan Penyintas Melawan Covid-19' di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Jakarta, Senin (19/10).

Upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 3T (testing, tracing, dan treatment) baiknya dibantu masyarakat dengan disiplin menerapkan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker).

Selain melakukan operasi yustisi, pemerintah juga tak henti mensosialisasikan protokol kesehatan 3M. Untuk merespons isu itu, CNNIndonesia.com akan menyajikan diskusi Secret at Newsroom (Setroom): Jurus 3M dari Sabang Sampai Merauke yang ditayangkan live streaming Jumat (23/10) pukul 19.00 WIB.

Diskusi kali ini akan menampilkan narasumber:

1. Muhadjir Effendy (Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI)
2. Devie Rahmawati (Pengamat Sosial)



(fjr/Tim)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK